Ketahui Ciri-ciri Asam Urat Agar Dapat Segera Diatasi

Sunardi
Kamis 18 Mei 2023, 09:44 WIB
Ilustrasi seseorang sedang terkena asam urat. (Sumber : Freepik.com/stefamerpik)

Ilustrasi seseorang sedang terkena asam urat. (Sumber : Freepik.com/stefamerpik)

LABVIRAL.COM - Penyakit yang sering menimpa banyak orang ada asam urat. Mengetahi ciri-ciri asam urat agar dapat segera diatasi memang jadi sesuatu yang penting. Pencegahan sejak dini pun bisa dilakukan.

Penyakit asam urat sendiri merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala yang tak tertahankan. Mulai dari pembengkakan, sampai adanya rasa panas di sekitar area persendian.

Semua sendi yang ada di alam tubuh bisa kena risiko asam urat. Tetapi, sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Penyakit ini umumnya dapat lebih mudah menyeang pria, khususnya mereka yang sudah berusia lebih dari 30 tahun.

Sedangkan, pada perempuan penyakit asam urat dapat muncul setelah menopause. Akan terjadi rasa sakit yang dialami pengidap asam urat. Rasa sakit ini berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari.

Baca Juga: Apa Itu Asam Urat? Yuk Kenali Penyebabnya

Baca Juga: Yang Punya Asam Urat, Coba Tekan dengan Seks Teratur


Penyebab Asam Urat

Terdapat beberapa penyebab terjadinya penyakit asam urat, seperti:

1. Pola makan yang tidak sehat

Konsumsi makanan tinggi purin seperti daging merah, hati, kerang, dan minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko asam urat di lutut.

2. Faktor genetik

Beberapa orang memiliki kecenderungan genetik untuk menghasilkan jumlah asam urat yang lebih tinggi atau memiliki masalah dalam penghilangan asam urat dari tubuh, sehingga meningkatkan risiko asam urat di lutut.

3. Obesitas

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini