Ciri-ciri Demam Berdarah Lengkap dengan Penanganannya

Sunardi
Jumat 19 Mei 2023, 13:07 WIB
Ilustrasi nyamuk yang sedang menghisap darah manusia. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi nyamuk yang sedang menghisap darah manusia. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Demam berdarah penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini cukup umum di daerah tropis dan subtropis, termasuk di Indonesia. Mengenali ciri-ciri demam berdarah sangat penting agar dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dalam diagnosis dan pengobatan.

Demam berdarah adalah penyakit yang ditandai oleh demam tinggi dan penurunan jumlah trombosit dalam darah. Demam berdarah yang ditularkan oleh nyamuk Aedes menyebabkan peradangan pada pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan perdarahan dan komplikasi serius.

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk memahami ciri-ciri demam berdarah agar dapat melakukan tindakan yang diperlukan secara tepat waktu.

Ketika virus penyebab demam berdarah telah menginfrksi tubuh dan menibulkan penyakit, ciri-ciri demam berdarah umumnya sulit dibedakan dengan gejala penyakit lainnya. Namun, beberapa ciri-ciri demam berdarah yang khas bisa dikenali.

Baca Juga: Ciri Demam Berdarah pada Anak dan Orang Dewasa Juga Cara Penanganan DBD Sebelum Telat

Baca Juga: 4 Obat Alami Penurun Demam Lengkap dengan Cara Membuatnya, Dijamin Mudah

 

Ciri-Ciri Demam Berdarah


1. Demam tinggi

Ciri-ciri demam berdarah sering kali dimulai dengan peningkatan suhu tubuh yang tiba-tiba. Suhu tubuh bisa mencapai 40 derajat Celsius. Pada tahap awal, gejala ini seringkali dianggap sebagai demam biasa. Demam tinggi ini biasanya berlangsung 2 sampai 7 hari. Tetapi, biasanya suhu akan turun pada hari ke-4 dan ke-5, lalu aka naik lagi di hari berikutnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini