Jangan Asal Tuduh, Ketahui 4 Perbedaan Batuk Biasa dan Batuk TBC

Sunardi
Selasa 23 Mei 2023, 19:27 WIB
Ilustrasi seorang pria sedang alami batuk. (Sumber : Freepik.com/8photo)

Ilustrasi seorang pria sedang alami batuk. (Sumber : Freepik.com/8photo)

LABVIRAL.COM - Salah satu penyakit yang sering menimpa banyak orang adalah batuk. Namun, apakah kamu tahu perbedaan batuk biasa dan batuk TBC?

Kamu harus mengetahui perbedaan batuk biasa yang batuk TBC supaya lebih waspada. Tak hanya itu, kedua kondisi batuk tersebut memang memiliki perbedaan.

Batuk adalah mekanisme refleks tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam saluran pernafasan. Benda asing tersebut termasuk bakteri dan virus.

Namun, dengan adanya gejala batuk tersebut, telah mengindikasikan bahwa sistem pernapasan sedang tidak baik-baik saja. Oleh karena, mengetahui perbedaan batuk biasa dan batuk TBC ini sangatlah penting.

Baca Juga: 5 Ciri Penyakit TBC yang Perlu Diwaspadai dan Pencegahannya

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Kenali Ciri-ciri Penyakit TBC Aktif

TBC sendiri merupakan kondisi yang disebabkan adanya paparan dari bakteri Mycobacterium tuberculosis. Jenis penyakit ini sangat terkena; menginfeksi paru-paru.


Perbedaan Batuk Biasa dan Batuk TBC

Ilustrasi seorang wanita sedang alami batuk.Ilustrasi seorang wanita sedang alami batuk. (Freepik.com/jcomp)

1. Beda penyebab

Batuk biasa dan batuk TBC bisa dibedakan dari penyebabnya. batuk biasa disebabkan oleh virus, polusi, asma, dan penyakit-penyakit lainnya. Sedangkan, Batuk TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini tersebar melalui udara.

2. Durasi batuk

Perbedaan batuk biasa dan batuk TBC adalah durasinya. Batuk TBC cenderung memiliki durasi lebih lama daripada batuk biasa. Bahkan, batuk TBC bisa berlangsung sampai 3 minggu lebih.

3. Warna dahak

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait
Style

Waspada! Ini Ciri-ciri Penyakit TBC

Sabtu 18 Maret 2023, 00:43 WIB
Waspada! Ini Ciri-ciri Penyakit TBC
Berita Terkini