Inilah 7 Ciri-ciri Kolesterol Tinggi pada Wanita yang Perlu Diwaspadai

Sunardi
Rabu 24 Mei 2023, 18:31 WIB
Ilustrasi seorang wanita yang terlihat lelah, (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi seorang wanita yang terlihat lelah, (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Kadar kolesterol yang tinggi rawan terjadi pada siapapun, termasuk pada kaum wanita. Tapi, belum banyak yang mengetahui bagaimana ciri-ciri kolesterol tinggi pada wanita. Padahal, bahaya kolesterol dapat mengintai siapa saja, tak memandang jenis kelaminnya.

Wanita memiliki kadar kolesterol high density lipoprotein (HDL) yang lebih tinggi. HDL, atau juga dikenal sebagai kolesterol baik, lebih tinggi karena hormon estrogen dalam tubuh wanita. Tapi, ciri-ciri kolesterol tinggi pada wanita tetap perlu diketahui meski memiliki HDL yang tinggi.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya. Hal ini diakibatkan kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan timbunan lemak dalam pembuluh darah. Timbunan lemak ini meningkatkan potensi penyakit jantung. Oleh karenanya, jangan pernah menganggap remeh ciri-ciri kolesterol tinggi pada wanita.

Akan tetapi, kadar kolesterol yang tinggi tidak selalu menunjukkan gejala yang jelas. Bahkan, seorang wanita dapat tetap beraktivitas dengan lancar meskipun memiliki kolesterol yang tinggi. Efeknya baru akan dirasakan setelah muncul gejala dan masalah dalam tubuhnya.

Baca Juga: Apa Itu Kolesterol? Ini 5 Obatnya Tanpa Efek Samping

Baca Juga: 5 Obat Alami untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi Tanpa Efek Samping

Untuk mewaspadai risiko penyakit berbahaya yang tak diinginkan, tanda kolesterol tinggi sangat penting untuk diperhatikan. Berikut ciri-ciri kolesterol tinggi pada wanita:

1. Tekanan Darah Tinggi

Ilustrasi pengecekan tekanan darah.Ilustrasi pengecekan tekanan darah. (freepik.com)

Tekanan darah yang tinggi muncul akibat adanya penumpukan plak kolesterol dan kalsium dalam pembuluh darah arteri. Akibatnya, arteri menjadi sempit dan mengeras. Alhasil jantung perlu untuk memompa darah lebih kuat dan menyebabkan peningkatan tekanan darah.

2. Kesemutan pada Tangan dan Kaki

Ilustrasi kaki nyeri. (Freepik.com/jcomp)Ilustrasi kaki nyeri. (Freepik.com/jcomp)

Kolesterol juga dapat menyebabkan konsistensi darah menjadi lebih kental. Darah yang mengental tidak akan mengalir secara lancar, sehingga menimbulkan rasa kesemutan pada tangan dan kaki.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini