Waspadai Ciri-ciri Angin Duduk Pada Wanita, Apa Saja?

Sunardi
Kamis 25 Mei 2023, 15:26 WIB
Ilustrasi seorang wanita sedang nyeri di dada. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi seorang wanita sedang nyeri di dada. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Angin duduk dapat mengancam siapa saja, termasuk pada wanita. Ciri-ciri angin duduk pada wanita pun dapat berbeda dari ciri-ciri pada pria. Perbedaan hormon menjadi salah satu pemicu perbedaan ciri-ciri tersebut.

Ciri-ciri angin duduk pada wanita dapat muncul jika seorang wanita memiliki masalah dalam aliran darah menuju jantung. Permasalahan ini salah satunya diakibatkan oleh penumpukan lemak dan kolesterol dalam pembuluh darah.

Selain lemak dan kolesterol, ada beberapa faktor yang berisiko meningkatkan potensi munculnya ciri-ciri angin duduk pada wanita. Misalnya diabetes, hipertensi, dan pola hidup yang tidak sehat. Bagi wanita, potensi ini juga meningkat pada usia 55 tahun ke atas.

Baca Juga: 7 Manfaat Minum Jahe bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Redakan Nyeri Haid

Baca Juga: Hanya Butuh Satu Menit untuk Hilangkan Nyeri Sakit Gigi dengan Pijatan

Ciri-ciri angin duduk pada wanita sangat penting untuk diketahui. Oleh sebab itu, berikut kami sajikan ciri-ciri angin duduk pada wanita.

1. Nyeri Dada yang Tidak Biasa

Ilustrasi seseorang yang alami sesak dada.Ilustrasi seseorang yang alami sesak dada. (Freepik.com/jcomp)

Nyeri dada adalah ciri utama dari penyakit angin duduk. Nyeri itu terasa seperti tertindih, terjepit, atau terbakar pada dada tengah maupun kiri. Namun, pada wanita, nyeri itu dapat terasa seperti ditusuk oleh benda tajam.

2. Sensasi Sesak Napas

Ilustrasi sesak napas.Ilustrasi sesak napas. (Freepik.com/krakenimages.com)

Sensasi sesak napas menjadi ciri angin duduk pada wanita selanjutnya. Sesak napas ini juga tak jarang diikuti dengan rasa kelelahan meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat dengan usaha yang besar.

3. Nyeri Muncul saat Beristirahat

Ilustrasi kaki nyeri. (Freepik.com/jcomp)Ilustrasi kaki nyeri. (Freepik.com/jcomp)

Pada wanita, angin duduk kerap terjadi ketika mereka tengah istirahat atau tidur, baik pada siang maupun malam hari. Kondisi ini dipicu oleh perubahan hormon dan aktivitas tubuh yang menurun.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini