Warga Jakarta Ayo Baca! Kemacetan Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Otak

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 20:29 WIB
Ilustrasi kemacetan di jakarta

Ilustrasi kemacetan di jakarta

HOEDHOED.COM - Kemacetan ternyata tidak hanya menghambat saat bepergian dan pemicu stres, tetapi juga membawa dampak buruk bagi kesehatan otak.

Dalam jurnal Environmental Health, seseorang yang terpapar asap knalpot dari mesin diesel dengan durasi minimal dua jam akan mengalami penurunan fungsi otak. Kasus ini telah diuji pada 25 orang dewasa di laboratorium.

Saat penelitian, sampel akan dipaparkan asap knalpot mesin diesel dan udara bersih yang sudah disaring.

Baca Juga: Bahaya Kurang Tidur pada Remaja, Multiple Sclerosis Mengancamu!

Tim peneliti mengukur aktivitas otak para peserta, baik sebelum dan setelah percobaan berlangsung, dengan menggunakan MRI fungsional (fMRI).

Peneliti menganalisis perubahan default mode network (DMN) otak. Diketahui, DMN otak merupakan sekumpulan area otak yang saling berkaitan serta memainkan peran penting dalam daya ingat dan pola pemikiran dalam diri.

Hasil MRI setelah terpapar asap, menunjukkan penurunan konektivitas fungsional di beberapa area DMN otak. Hal serupa tak ditemukan setelah peserta terpapar oleh udara cukup bersih.

Baca Juga: Jangan Diulangi Lagi! Ini 5 Bahaya Sering Cabut Bulu Hidung

Penurunan konektivitas fungsional pada DMN diketahui bisa menurunkan performa kognitif dan memunculkan gejala depresi. Oleh karena itu, tim peneliti menilai temuan ini mengkhawatirkan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini