Jenis-jenis Ketombe yang Bikin Kepala Gatal

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 20:35 WIB
Ilustrasi, kepala gatal akibat ketombe

Ilustrasi, kepala gatal akibat ketombe

LABVIRAL.COM - Masalah kesehatan rambut dan kulit kepala pasti ada-ada saja, seperti yang kali ini sering dialami adalah ketombe. Ketombe atau bahasa medisnya ptiriasis merupakan serpihan sel kulit mati di kepala yang mengelupas. Penduduk Indonesia cenderung lebih mudah terkena ketombe karena suhu yang tinggi dan udara yang lembap.

Umumnya, ketombe muncul dengan ditandai dengan kulit kepala yang jadi lebih berminyak dari biasanya. Munculnya juga bintik atau serpihan putih disekitar rambut hingga rasa gatal yang tak tertahankan. Tapi tahukah kamu, ternyata ketombe pun memiliki berbagai jenis yang jarang diketahui.

Mengutip kanal YouTube Net Lifetyle dalam acara I LOOK, menjelaskan jenis-jenis ketombe yang perlu kamu ketahui. Yuk simak!

Baca Juga: Mengenal Telur Kutu Rambut dan Cara Mudah Membasminya

Ketombe Kering

Jenis ketombe yang pertama ini memang salah satu jenis ketombe yang paling sering muncul. Umumnya akan muncul dikulit kepala yang kering akibat cuaca dingin ataupun malas keramas. Untuk jenis ini, ditandai dengan rasa gatal yang extrim pada kulit kepala.  Serpihan ketombe jenis ini bebentuk bulan dan bisa rontok atau bahkan melekat di kulit kepala secara bersamaan.

Baca Juga: Modal Kecil Untung Besar, Berikut 6 Bisnis yang Cocok untuk Pekerja Kantoran

Ketombe Basah

Ketombe basah adalah ketombe yang disebabkan karena kulit kepala berminyak. Ketombe basah berwarna putih kekuning-kuningan dengan kandungan sebum di dalamnya. Jika kamu mengelupasnya, rasa gatal segera menyerang disertai kemerahan pada kulit kepala. Menggarung ketombe basah berisiko menimbulkan luka radang yang disebut dermatitis seboroika. Jika berlanjut, hal tersebut dapat menyebabkan kebotakan.

Baca Juga: Warga Jakarta Ayo Baca! Kemacetan Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Otak

Ketombe Jamur

Adanya infeksi jamur pada kulit kepala dapat menimbulkan ketombe, terlebih pada saat rambut berminyak atau tidak ada keseimbangan pH pada rambut. Ketombe dengan ini bisa menular melalui alat yang sering digunakan seperti sisir, ataupun ikat rambut. Serpihan kuning dan putih, serta rasa sangat gatal adalah beberapa gejala yang harus diwaspadai. Jamur Malassezia globose bekerja untuk menghasilkan asam oleat dan itulah yang menyebabkan ketombe.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini