Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Rambut, Bisa Dilakukan Sendiri

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 20:40 WIB
Ilustrasi seseorang menggaruk kepala karena ketombe dan kutuan

Ilustrasi seseorang menggaruk kepala karena ketombe dan kutuan

LABVIRAL.COM - Anak-anak hingga orang dewasa di dunia mungkin pernah mengalami kutu rambut. Namun bagi yang belum tahu, kutu atau disebut juga sebagai Pediculus Humanus Capitis adalah sebuah parasit yang bertahan hidup pada rambut manusia dengan cara menghisap darah. Tak hanya menghisap darah, kutu juga meninggalkan ruam pada kulit kepala lho!

Kehadiran kutu rambut membuat bagian kulit kepala terasa gatal. Gatalnya bisa sangat ekstrem, bahkan membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri. Diketahui, kutu rambut akan hidup paling lama 30 hari dan bisa mati ketika terlepas dari rambut. Tapi sebagian orang mungkin terlalu risih jika harus menunggu hingga 1 bulan lamanya.

Baca Juga: 7 Penyebab Sakit Jantung, Faktor Keturunan dan Stres Masuk

Maka dari itu, banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan kutu dari rambutnya. Mengutip kanal YouTube Dokter Saddam Ismail, yang memberikan tips untuk menghilangkan kutu rambut, simak berikut ini.

Gunakan serit

Serit adalah sisir dengan gigi halus dan rapat dibanding sisir biasa. Hal ini biasa digunakan oleh ibu-obu yang ingin membersihkan kutu pada rambut anaknya. Sisir serit ini dapat mengangkut kutu di rambut, karena giginya yang rapat sehingga bisa menyaring kutu rambut itu sendiri. Untuk mengunakan serit rambut tidaklah sulit, begini caranya:

  • Basahi rambut, agar kutu tidak mudah bergerak
  • Berikan kondisioner, agar rambut lebih mudah disisir
  • Mulai menyisir dengan serit dari pangkal rambut sampai ujung rambut.
  • Setelah berhasil menyaring, kutu-kutu dan telur bisa langsung dibuang atau di oleskan pada kertas atau tisu.
  • Ulangi langkah tersebut hingga kutu hilang, baik itu setiap hari atau satu minggu 3 kali.

Baca Juga: Jenis-jenis Ketombe yang Bikin Kepala Gatal

Setelah melakukan pembersihkan kutu dengan serit, kamu bisa langsung berikan minyak esensial, seperti tea tree oil, mint, minyak kayu putih, lavender dan sebagainya. Hal itu bertujuan untuk meringankan rasa gatal yang berlebih.

Obat pembasmi kutu

Untuk menghilangkan kutu selanjutnya adalah menggunakna obat pembasmi kutu atau obat dengan kandungan permethrin. Obat dengan kandungan ini bisa berbentuk krim, shampoo, kondisioner dan lotion rambut. Obat kutu bekerja dengan melemahkan sel saraf pada kutu, sehingga kutu bisa mati. Salah satu merek obat kutu yang paling terkenal adalah Peditox.

Baca Juga: Mengenal Telur Kutu Rambut dan Cara Mudah Membasminya

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini