7 Penyebab Sakit Jantung, Faktor Keturunan dan Stres Masuk

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 20:37 WIB
Ilustrasi serangan jantung. (Sumber : Pixabay.com/Pexels)

Ilustrasi serangan jantung. (Sumber : Pixabay.com/Pexels)

LABVIRAL.COM - Gangguan jantung menyerang siapa saja, baik pria atau wanita, tua maupun muda. Penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor satu di Indonesia.

Berdasarkan laman P2PTM Kemenkes RI, penyakit jantung adalah gangguan pada fungsi jantung. Hal ini bisa berupa tersumbatnya pembuluh darah karena penyempitan. Sumbatan ini bermacam-macam, antara lain yakni plak, sobekan dinding jantung, kolesterol, bekuan darah dan lain sebagainya.

Lalu, kenapa seseorang bisa sakit jantung? Berikut beberapa faktor penyebabnya; 

Baca Juga: Jenis-jenis Ketombe yang Bikin Kepala Gatal

Keturunan 

Berdasarkan laman American Heart Association, riwayat keluarga menjadi faktor risiko penyebab penyakit jantung yang tak dapat dihindari. 

Penting bagi seseorang mengetahui, apakah ayah, ibu, kakek, nenek, atau saudaranya pernah menderita penyakit gangguan jantung. 

Jika seseorang memiliki riwayat keluarga pernah alami penyakit jantung, ini tak bisa menangkal hal tersebut. Ini berarti, harus menurunkan risiko terkena penyakit jantung dengan melakukan pola hidup sehat atau meminimalisir faktor risiko yang masih bisa dihindari.

Baca Juga: Mengenal Telur Kutu Rambut dan Cara Mudah Membasminya

Usia

Dikutip dari laman Healthline oleh Labviral.com, faktor seseorang bisa kena penyakit jantung meningkat seiring dengan bertambahnya usia. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini