Perbedaan Obat Tradisional dan Obat Kimia, Mana yang Lebih Mujarab?

Sunardi
Kamis 16 Maret 2023, 13:10 WIB
Ilustrasi obat tradisional dan obat kimia. (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi obat tradisional dan obat kimia. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Dewasa ini dunia pengobatan memang sudah sangat berkembang pesat. Namun, hanya 2 jenis pengobatan yang populer yaitu dengan obat tradisional dan obat kimia.

Pada dasarnya, baik obat tradisional maupun obat kimia ini bahan-bahannya menggunakan bahan dasar tanaman. Tetapi, kedua obat tersebut juga memiliki perbedaan yang siginifikan.

 

Lalu apa saja perbedaannya?

Obat kimia atau lebih populer dengan sebutan obat modern merujuk pada obat-obatan yang digunakan dalam dunia medis. Biasanya obat kimia ini diproduksi oleh pabrik yang memiliki nama generik serta adanya paten.

Obat kimia dalam hal produksi telah menggunakan teknologi khusus untuk mengambil bahan aktif tertentu dari sebuah tanaman. Dikarenakan obat kimia ini diproduksi oleh industri farmasi, maka harus melalui uji klinis dan izin dari lembaga terkait di suatu negara.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Obat Apotek untuk Atasi Diare, Hilangkan Perut Mulas dengan Segera

Baca Juga: 4 Obat Herbal Malaria yang Bisa Ditemukan di Rumah

Jika di Indonesia badan izin obat tersebut adalah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Peredaran obat kimia sudah diatur secara ketat dan harus dikontrol kualitasnya oleh BPOM.

Selain itu, obat kimia yang telah lolos uji klinis biasanya bekerja lebih cepat. Beberapa penyakit yang sering disembuhkan oleh obat kimia seperti hipertensi, kanker, kolesterol, dan lain sebagainya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini