Bukan Banyak Makan, Ini 6 Penyebab Obesitas pada Remaja

Sunardi
Jumat 23 Juni 2023, 19:41 WIB
Ilustrasi obesitas pada anak. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi obesitas pada anak. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Kondisi obesitas tak hanya terjadi pada orang tua saja. Obesitas juga bisa menyerang seseorang ketika masih di usia remaja. Para remaja bisa memiliki risiko untuk terkena obesitas.

Obesitas merupakan kondisi ketika seseorang memiliki berlebihan lemak tubuh. Ini terjadi ketika asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh melebihi jumlah kalori yang digunakan oleh tubuh untuk aktivitas sehari-hari.

Kondisi obesitas dapat berdampak serius pada kesehatan dan meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes, penyakit jantung, dan hipertensi. Meski di usia remaja, obesitas tetap bisa menyebabkan risiko-risiko tersebut.

Baca Juga: Apa Penyebab dan Faktor Risiko Obesitas?

Baca Juga: Fakta-fakta Muhammad Fajri Pemuda Obesitas yang Meninggal Dunia

Selain itu, obesitas pada remaja diketahui bukan disebabkan oleh makanan. Justru penyebab obesitas ini disebabkan oleh hal lainnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab obesitas pada remaja.


6 Penyebab Obesitas pada Remaja

Ilustrasi seorang remaja yang mengukur perutnya.Ilustrasi seorang remaja yang mengukur perutnya. (Freepik.com/jcomp)


1. Kurangnya Aktivitas Fisik

Remaja modern sering terjebak dalam gaya hidup yang kurang aktif secara fisik. Dengan kemajuan teknologi dan ketersediaan hiburan di dalam ruangan, banyak remaja menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer, ponsel pintar, atau televisi. Aktivitas fisik yang minim mengakibatkan penurunan pembakaran kalori dan penumpukan lemak, yang dapat menyebabkan obesitas pada remaja.

2. Kurang Tidur

Kurang tidur yang kronis telah dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas pada remaja. Ketika remaja tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, hormon yang mengatur nafsu makan, seperti leptin dan ghrelin, dapat terganggu.

Ketika remaja kurang tidur, kondisi tersebut menyebabkan perubahan dalam keinginan makan, keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat, dan peningkatan penimbunan lemak dalam tubuh.

3. Kebiasaan Mengemil

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini