Ahli Bilang Makan Tidak Teratur Bikin Bau Mulut

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 17 Maret 2023, 00:07 WIB
Ilustrasi, bau mulut

Ilustrasi, bau mulut

LABVIRAL.COM - Bau mulut membuat seseorang tidak percaya diri dan menganggu sekitar. Umumnya, bau mulut timbul karena sisa makanan yang berada di mulut terlalu lama yang akan dihancurkan oleh bakteri sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Selain itu, penyebab lain dari bau mulut karena gigi berlubang hingga GERD. 

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu simtom atau perubahan mukosa yang diakibatkan oleh gangguan sistem saluran pencernaan, di mana asam lambung dan isi perut mengalir kembali ke kerongkongan (esofagus). 

Dokter gigi Sam Jethwa, mengatakan halitosis atau bau mulut biasanya disebabkan oleh faktor masalah kebersihan gigi dan mulut.

Baca Juga: Minum Jus Buah Delima, dapat Mengurangi Tekanan Darah

"Bau mulut, atau halitosis seperti yang dikenal secara medis, sering disebabkan oleh kebiasaan kesehatan mulut yang buruk dan dapat menjadi tanda masalah gigi yang lebih serius," katanya dikutip Labviral.com dari laman express.

"Makanan yang kita makan dipecah di mulut kita dan kemudian diserap ke dalam aliran darah kita sehingga makan makanan yang mengandung bau yang kuat seperti bawang putih atau bawang menyebabkan napas berbau," sambungnya.

Jethwa mengatakan, bukan hanya itu saja, bau mulut juga sering terjadi bagi orang-orang yang sedang diet atau yang tidak cukup makan. 

Baca Juga: Keunggulan dan Manfaat Susu Organik untuk Anak

Menurut Dental Fundamentals, tidak makan secara teratur juga dapat menyebabkan bau karena kurangnya air liur.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Style

Atasi Bau Mulut dengan Konsumsi Yoghurt

Kamis 16 Maret 2023, 21:12 WIB
Atasi Bau Mulut dengan Konsumsi Yoghurt
Berita Terkini