Bagaimana Olahraga Bisa Meningkatkan Daya Ingat?

Sunardi
Jumat 07 Juli 2023, 18:22 WIB
Ilustrasi seorang wanita yang terlihat ceria saat olahraga. (Sumber : Freepik.com/tirachardz)

Ilustrasi seorang wanita yang terlihat ceria saat olahraga. (Sumber : Freepik.com/tirachardz)

LABVIRAL.COM - Baru-baru ini banyak yang mencari tahu bagaimana olahraga bisa meningkatkan daya ingat? Aktivitas fisik yang biasa kita lakukan itu ternyata diyakini bisa meningkatkan daya ingat dan keterampilan berpikir.

Olahraga secara umum memang dikenal sebagai aktivitas yang bisa mengurangi berbagai risiko penyakit. Bahkan, dengan olahraga tubuh bisa terhindar dari berbagai penyakit seperti jantung, stroke, dan diabetes.

Dengan olahraga seseorang bisa memiliki tubuh yang sehat. Selain itu, tak sedikit pula yang memanfaatkan aktivitas olahraga dengan tujuan untuk menurunkan berat badan atau membentuk tubuh. Tak hanya itu saja, beberapa orang melakukan aktivitas olahraga supaya terhindar dan mencegah depresi.

Baca Juga: 10 Makanan yang Dapat Dikonsumsi Setelah Olahraga untuk Pulihkan Energi

Baca Juga: Benarkah Tidak Boleh Langsung Mandi Setelah Berolahraga?

Olahraga pun menjadi salah satu aktivitas penting bagi manusia. Kegiatan ini, selain bisa membuat tubuh sehat baik secara fisik maupun psikologis, olahraga juga bisa meningkatkan fungsi otak.

Menurut laporan Harvard Medical School, bahwa dengan olahraga bisa memberikan dampak khusus terhadap otak dan ingatan. Dengan latihan olahraga yang rutin, maka aktivitas tersebut akan membantu ingatan dan berpikir melalui cara langsung dan tidak langsung. M

"Manfaat olahraga datang langsung dari kemampuannya untuk mengurangi resistensi insulin, mengurangi peradangan, dan merangsang pelepasan faktor pertumbuhan—bahan kimia di otak yang memengaruhi kesehatan sel otak, pertumbuhan pembuluh darah baru di otak, dan bahkan sel-sel otak. kelimpahan dan kelangsungan hidup sel-sel otak baru," tulis laporan tersebut.

Dalam laporan tersebut, dijelaskan bahwa dengan olahraga akan meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur. Selain itu, aktivitas olahraga mengurangi stres dan kecemasan. Hal tersebut tentu akan berkontribusi terhadap gangguan kognitif seseorang.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini