Olahraga Jalan Cepat atau Lari, Mana yang Lebih Sehat?

Sunardi
Kamis 13 Juli 2023, 08:15 WIB
Ilustrasi olahraga jalan cepat. (Sumber : Freepik.com/pressfoto)

Ilustrasi olahraga jalan cepat. (Sumber : Freepik.com/pressfoto)

LABVIRAL.COM - Setiap jenis olahraga pasti akan memberikan manfaat terhadap tubuh. Termasuk olahraga jalan cepat dan lari. Kedua jenis olahraga tersebut bisa membuat tubuh aktif bergerak. Namun, olahraga jalan cepat atau lari, mana yang lebih sehat?

Kedua olahraga tersebut memang ampuh untuk menurunkan berat badan, memperbaiki kualitas tidur, meningkatkan mood, menaikkan tinggi energi, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, serta mengurangi risiko kanker. Selain itu, kedua olahraga tersebut juga bisa mengurangi risiko diabetes, dan penyakit jantung.

Lalu, seperti apa perbedaan utama dari olahraga jalan cepat dan lari? Apakah benar bahwa kedua olahraga itu salah satu ada yang lebih baik?

Baca Juga: Kamu Nggak Akan Sangka, 7 Jenis Olahraga Ini Bisa Memperpanjang Umur

Baca Juga: Bagaimana Olahraga Bisa Meningkatkan Daya Ingat?

Perbedaan Jalan Kaki dan Lari

Ilustrasi orang-orang yang berjalan cepat.Ilustrasi orang-orang yang berjalan cepat. (freepik.com)

Untuk mengetahui mana yang lebih baik dilakukan untuk olahraga, maka harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan jalan kaki dan lari. Berikut ini adalah perbedaan jalan kaki dan lari:

1. Sudut lutut

Perbedaan jalan kaki dan lari pertama ada di sudut lutut. Kondisi lutut akan bertekuk lebih banyak ketika berjalan kaki. Kondisi tersebut bertujuan bisa meningkatkan kekuatan yang dibebankan ke tanah selama berlari.

2. Kecepatan maksimum

Rata-rata ketika kita berjalan kaki akan memakan waktu sekitar 5 kilometer/jam. namun, dengan olahraga jalan cepat bisa mencapai 8 kilometer/jam. Perihal kecepatan, dengan berlari tentu akan jauh lebih unggul.

3. Kontak dengan tanah

Perbedaan signifikan dari lari dan berjalan kaki yakni waktu lama menyentuh tanah. Selama berjalan kaki, kaki menyentuh tanah akan lebih besar daripada berlari.

4. Tenaga

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini