Yuk Hindari 4 Kesalahan Olahraga Ini agar Bisa Berumur Panjang

Sunardi
Rabu 19 Juli 2023, 15:27 WIB
Ilustrasi seseorang olahraga angkat barbel. (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi seseorang olahraga angkat barbel. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Olahraga memang memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam olahraga supaya tidak melakukan kesalahan. Hindari kesalahan olahraga ini agar bisa berumur panjang.

Dengan berolahraga seseorang bisa memiliki umur yang panjang. Dikutip dari kompas.com, menurut penelitian yang dilakukan oleh Dong Hoon Lee dari Harvard TH Chan School of Public Health pada 2022 bahwa dengan berolahraga bisa memperpanjang umur seseorang.

Setidaknya dengan berolahraga dengan intensitas sedang selama 150-300 menit per minggu atau 75-150 menit per minggunya sudah cukup. Namun, meski olahraga intensif tersebut, tetap harus memperhatikan beberapa hal yang justru jadi kesalahan saat berolahraga.

Baca Juga: Olahraga Jalan Cepat atau Lari, Mana yang Lebih Sehat?

Baca Juga: Kamu Nggak Akan Sangka, 7 Jenis Olahraga Ini Bisa Memperpanjang Umur

Adanya kesalahan saat olahraga ini justru bisa membuat umur seseorang jadi pendek. Berikut ini adalah kesalahan yang bisa memperpendek umur.

1. Terlalu banyak olahraga

Siapa sangka jika terlalu banyak olahraga ternyata justru tidak baik baik kesehatan tubuh. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Palgrave Communications menunjukkan bahwa terlalu banyak berolahraga bisa memperpendek usia.

Adanya penelitian tersebut dilakukan pada 699 seniman di Jepang yang lahir setelah 1901. Mereka pun dibagi menjadi 4 kelompok sesuai dengan profesinya.

2. Mengkhawatirkan olahraga

Ilustrasi seseorang yang sedang khawatir tidak berolahraga.Ilustrasi seseorang yang sedang khawatir tidak berolahraga. (Freepik.com/cookie_studio)

Salah satu yang bisa memperpendek umur berikutnya yakni mengkhawatirkan olahraga. Menurut studi yang diterbitkan oleh Health Psychology menemukan, bahwa terlalu mengkhawatirkan kecukupan olahraga bisa mempersingkat umur seseorang.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini