Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda

Sunardi
Senin 24 Juli 2023, 20:23 WIB
Ilustrasi anak muda yang terkena asam urat. (Sumber : Freepik.com/Lifestylememory)

Ilustrasi anak muda yang terkena asam urat. (Sumber : Freepik.com/Lifestylememory)

LABVIRAL.COM - Salah satu penyakit yang sering menimpa seseorang yakni asam urat. Kondisi ini tidak hanya menimpa orang tua saja, tapi di usia muda juga berisiko terkena. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui penyebab asam urat tinggi di usia muda.

Rasa nyeri pada bagian sendi tubuh seperti jempol kaki lutut, atau pergelangan kaki bisa jadi salah satu penyebab kondisi asam urat. Penyakit asam urat ini bisa menyerang seseorang yang bahkan masih di usia produktif.

Berikut ini adalah pemaparan mengenai penyebab asam urat tinggi di usia muda yang penting untuk diketahui. Apa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: 4 Mitos Asam Urat yang Masih Dipercaya, Apa Saja Ya?

Baca Juga: Pahami Ciri-ciri Asam Urat di Usia Muda dan Deretan Cara Pencegahannya

Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda

Adanya penyakit asam urat ini terjadi lantaran tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Dalam keadaan normal, asam urat yang terlalu tinggi akan larut dalam darah dan keluar menjadi urine. Namun, dalam kondisi tertentu, dapat menghasilkan asam yang jumlahnya berlebih.

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang perlu diketahui:

  • Pola Makan Keliru

Penyebab asam urat tinggi di usia muda yakni adanya pola makan yang keliru. Hal ini bisa menyebabkan kadar asam urat di dalam tubuh bisa disebabkan oleh konsumsi makanan yang tinggi purin.

  • Konsumsi Minuman Gula yang Tinggi

Penyebab asam urat tinggi di usia muda kedua masih berkaitan dengan pola makan, tapi kali ini bisa disebabkan karena konsumsi minuman gula yang tinggi. Di dalam minuman manis terdapat fruktosa yang jadi salah satu penyebabnya. Fruktosa ini bisa menghasilkan purin penyebab asam urat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini