6 Bahaya Terlalu Banyak Minum Lemon Tea, dari Kerusakan Gigi hingga Pengaruhi Kesehatan Janin

Sunardi
Jumat 18 Agustus 2023, 17:21 WIB
Ilustrasi lemon tea yang siap dinikmati. (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi lemon tea yang siap dinikmati. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Mengonsumsi apa pun yang berlebihan memang tidak baik. Salah satunya yakni dengan terlalu banyak minum lemon tea atau teh lemon.

Kandungan asam segar teh dicampur dengan perasan lemon memang enak untuk melepas dahaga. Namun, siapa sangka jika variasi minuman itu memiliki efek samping.

Lemon tea sendiri memiliki rasa asam segar yang bisa membuat dahaga hilang. Apalagi, jika minuman itu ditambah campuran es batu yang bisa membuat rasanya semakin segar.

Lalu, apa saja deretan bahaya terlalu banyak minum lemon tea ini? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Batas Aman Minum Kopi dan Teh dalam Satu Hari

Baca Juga: Apa Manfaat Minum Teh Tanpa Gula Setiap Hari?

Bahaya Terlalu Banyak Minum Lemon Tea

1. Penyebab kerusakan gigi

Bahaya terlalu banyak minum lemon tea yang pertama yakni bisa menjadi sumber kerusakan gigi. Adanya tambahan jeruk lemon e dalam teh bisa meningkatkan kadar asam teh yang akan diminum. Apalagi jika seseorang terlalu sering minum minuman ini, maka bisa menyebabkan gejala gangguan kerusakan enamel atau disebut dengan erosi pada gigi.

2. GERD

Bahaya terlalu banyak minum lemon tea yang kedua yang bisa menyebabkan GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease. Penyakit asam lambung itu bisa diakibatkan oleh terlalu sering minum lemon tea. Asam lambung yang diproduksi secara berlebih bisa membanjiri perut dan rasa yang ditimbulkan seolah bisa membakar jantung hingga tenggorokan. Jika dibiarkan, gejala itu bisa mengarah pada GERD.

3. Dehidrasi

Bahaya terlalu banyak minum lemon tea berikutnya yakni dehidrasi. Dalam situasi tertentu, lemon bertindak sebagai sumber vitamin C dan diuretik, memicu pembuangan air kecil yang terus menerus dan mengeluarkan cairan dari tubuh.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini