Batas Aman Minum Kopi dan Teh dalam Satu Hari

Sunardi
Rabu 16 Agustus 2023, 08:21 WIB
Ilustrasi kopi yang sudah diseduh. (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi kopi yang sudah diseduh. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Bagi banyak dari kita, secangkir kopi atau teh adalah ritual yang tak tergantikan setiap hari. Namun, seberapa banyak minuman ini sebenarnya aman untuk dikonsumsi dalam satu hari?

Dari manfaat hingga risiko, tentu kita akan menggali informasi tentang efek kesehatan dari kopi dan teh. Selain itu, penting juga memberikan panduan praktis untuk mengukur jumlah konsumsi harian yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

Dengan pengetahuan yang lebih jelas tentang batasan dan implikasi konsumsi berlebihan, kita akan dapat mengambil keputusan yang lebih bijaksana terkait konsumsi kopi dan teh dalam upaya menjaga kesehatan.

Baca Juga: 5 Makanan yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Bersamaan Minum Kopi

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Menghilangkan Efek Kopi Agar Bisa Tidur Nyenyak

Meski kopi dan teh mengandung segudang manfaat bagi tubuh, mengonsumsinya secara berlebihan juga tidak baik. Lalu, seperti apa batas aman minum kopi dan teh dalam satu hari? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Batas Aman Minum Kopi dan Teh

Mengutip laporan dari Kompas.com, bahwa Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) telah mengeluarkan panduan dan rekomendasi supaya seseorng tidak mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein per harinya.

Dengan mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein sehari, bisa menyebabkan adanya kondisi kegelisahan dan kecemasan pada tubuh. Apalagi bagi mereka yang bukan seorang konsumen reguler.

Selain itu, menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), menetapkan batas konsumsi kafein sebesar 400 mg. Jika mengonsumsi lebih dari itu, maka bisa berdampak pada tubuh kita.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini