Penyakit Komplikasi Akibat Asam Urat, Ginjal dalam Bahaya!

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 22:28 WIB
Ilustrasi, seorang alami asam urat pada bagian tangan

Ilustrasi, seorang alami asam urat pada bagian tangan

LABVIRAL.COM - Penyakit asam urat sangat umum diderita orang Indonesia. Bahkan kini, asam urat bukan lagi penyakit orang tua, tapi orang-orang dalam usia muda produktif pun rentan terkena asam urat.

Itu diakibatkan karena pola makan yang tidak sehat, dan terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi purin. Alhasil, usus (anus) dan ginjal (urine), tak bisa membuang semua purin dengan sempurna keluar tubuh.

Penumpukan purin inilah yang kemudian menciptakan kristal yang sangat menyakitkan pada area persendian kecil, terutama sendi kaki.

Baca Juga: Selain Membuat Rileks, Ini 7 Manfaat Pijat Kaki Sebelum Tidur

dr. Daniel Bramantyo melalui channel Youtube Gue Sehat, yang dikutip Labviral.com, menjelaskan bahwa tidak menjaga pola makanan yang baik dan sehat, menjadi penyumbang terbesar penyakit asam urat ini.

“Orang Indonesia cukup banyak yang senang dengan hati, ampela dan jeroan-jeroan seperti itu. Padahal kalau itu kebanyakan, bisa menjadi pokok asam urat,” katanya.

Maka, Dokter Daniel menyarankan agar kamu bisa mengontrol asupan makanan tersebut dengan baik dan teratur, agar asam urat tidak menyebabkan komplikasi penyakit lain yang lebih parah. Ya, asam urat yang parah bisa membawa penyakit lain, salah satunya terbentuknya tofus.

Baca Juga: Jangan Masak Ayam Beku dengan Air Fryer, Ini Alasannya

“Tofus merupakan benjolan yang cukup besar, isinya cairan atau kristal dari asam urat tersebut yang sudah padat. Biasanya, akan membengkak, yang timbulnya di ibu jari kaki,” jelasnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini