Pekerjaan Terbaik Menurut Islam, Bukan PNS atau ASN

Aci
Rabu 06 Maret 2024, 16:43 WIB
Pekerjaan Terbaik Menurut Islam, Bukan PNS atau ASN (Sumber : YouTube: (Rumaysho TV)

Pekerjaan Terbaik Menurut Islam, Bukan PNS atau ASN (Sumber : YouTube: (Rumaysho TV)

LABVIRAL.COM - Tidak bisa dimungkiri dalam persepsi Sebagian besar masyarakat kita pekerjaan paling mentereng adalah ASN atau PNS, sehingga bagi mereka yang sudah lolos seleksi pekerjaan ini dicap sebagai menantu Idaman.

Untuk itu tidak heran tiap tahun selalu banjir pelamar dari bidang ini, padahal kalau kita tilik secara mendalam PNS bukanlah lapangan kerja melainkan ketersediaan sumber daya manusia dalam mengemban tugas negara mereka punya tanggung jawab yang besar sebagai pelayan masyarakat.

Baca Juga: Rajin Kerja Malah Tipes? Kamu Sakit karena Kebiasaanmu, Bukan Karena Pekerjaan

Namun di zaman yang kIan modern ini tak sedikit yang mengidamkan punya profesi di bidang lain seperti, ahli marketing atau keuangan ahli it ahli kesehatan data scientist atau bahkan supply change management.

Nah dari sekian banyak jenis pekerjaan tadi manakah pekerjaan terbaik dalam pandangan syariat Islam yang mulia ini coba simak hadis berikut ini, dari rifa'ah bin nabiaii wasanya mengenai mata pencaharian yang halal nabiah was menjawab, amalan seseorang dengan tangannya dan setiap jual beli yang diberkahi.

Baca Juga: Gak Nyangka, Ini 6 Kebiasaan Orang dengan IQ Tinggi, Kerjaannya Melamun

Hadis riwayat albazar alhakim dan Ahmad Syekh Syuaib al-arnaud mengatakan, bahwa hadis ini Hasan dilihat dari jalur lainnya dari hadis tadi kita bisa mengambil pelajaran bahwa yang pertama kali Disinggung mengenai pekerjaan terbaik adalah pekerjaan dari hasil kerja tangan sendiri.

dalam hadis lainnya juga disebutkan tidaklah seseorang memakan suatu makanan yang lebih baik dari makanan yang ia makan dari hasil kerja keras tangannya sendiri, karena Nabi Daud Alaihissalam dahulu juga makan dari hasil kerja keras tangannya.

Baca Juga: 2 Doa Agar Cepat Mendapatkan Pekerjaan, Para Jobseeker Harus Tahu

Hadits riwayat bukhari dari al madad contoh pekerjaan dengan tangan allah bercocok tanam kerajinan mengolah kayu pandai besi dan menulis lalu mata pencaharian yang disebutkan kedua yang terbaiklah jual beli yang mabrur Bahkan Imam ali rahimahullah salah seorang ulama besar mazhab Syafi'i berpendapat bahwa pekerjaan bercocok tanam yang manfaatnya untuk orang banyak termasuk pula manfaat untuk binatang dan juga burung.

Namun Syekh Abdullah Bin Abdurrahman Ali bassam penulis taudhihul ahkam mengatakan bahwa pekerjaan terbaik adalah disesuaikan pada keadaan setiap orang yang terpenting adalah setiap pekerjaan haruslah berisi Kebaikan, tidak ada penipuan serta menjalani kewajiban yang mesti diperhatikan ketika bekerja.

Baca Juga: PlayStation Beri Tanggapan atas Isu Kerja Sama dengan Microsoft

Oleh karena itu hendaknya kita selektif dalam mencari pekerjaan dengan menjauhi profesi yang menjerumuskan kita dalam kekufuran Atau meninggalkan sebaik-baik aturan yaitu hukum Allah kezaliman atau membela orang bersalah tidak menjaga amanah atau tidak berintegritas dan bentuk kemaksiatan lainnya.

ingatlah bahwa yang sedikit tetap halal dan berkah itu jauh lebih baik daripada yang haram meski berlimpah semoga yang masih berjuang mendapatkan pekerjaan dipermudah oleh Allah mendapatkan pekerjaan yang layak.**



Sumber: YouTube: (Rumaysho TV)

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini