Cara Membuat Cuka Apel yang Baik Untuk Kesehatan sampai Dengan Kecantikan

Aci
Selasa 19 Maret 2024, 12:32 WIB
Resep dan cara membuat Cuka Apel (Sumber : YouTube.com/Nini s.vlog)

Resep dan cara membuat Cuka Apel (Sumber : YouTube.com/Nini s.vlog)

LABVIRAL.COM - Cuka apel adalah cuka yang dibuat dari sari buah apel yang difermentasi. Proses fermentasi ini melibatkan bakteri dan ragi yang mengubah gula dalam sari buah apel menjadi asam asetat, yang memberikan rasa asam pada cuka. 

Cuka apel sering dipuji karena manfaat kesehatannya, termasuk potensi untuk menurunkan kadar gula darah, meningkatkan pencernaan, dan bahkan membantu menurunkan berat badan. 

Banyak juga yang menggunakan cuka apel untuk keperluan kecantikan, seperti untuk perawatan kulit dan rambut. Namun, sebaiknya digunakan dengan bijak dan sesuai petunjuk karena cuka apel yang tidak diencerkan bisa terlalu asam dan menyebabkan iritasi pada kulit atau kerusakan pada gigi.

Untuk kamu yang ingin mengkonsumsi atau merasakan manfaat dari cuka apel, kamu bisa membuat cuka apel sendiri di rumah. Berikut ini resep dan cara membuat cuka apel. Yuk disimak!

Baca Juga: Resep Kacang Goreng Bawang Super Renyah dan Nikmat Cocok Untuk Cemilan di Hari Raya Idul Fitri

Berikut adalah resep sederhana untuk membuat cuka apel di rumah:

Bahan-bahan:

  • 3-4 buah apel organik (lebih baik tidak menggunakan apel yang sudah diberi pestisida)
  • Air
  • Gula (opsional)

Cara membuat:

  • Cuci apel hingga bersih
  • Potong apel menjadi potongan-potongan kecil, termasuk kulit dan bijinya. 
  • Siapkan wadah atau toples untuk proses fermentasi apel. Jika sudah masukan potongan apel ke dalam wadah atau toples tersebut.
  • Lalu tambahkan air ke wadah sampai penih setidaknya sampai semua apel yang ada terrendam.
  • Jika kamu ingin mempercepat proses fermentasi, tambahkan sedikit gula ke dalam larutan. Tapi jika tidak juga tidak masalah.
  • Kemudian tutup wadah atau toples dengan kain kasa atau kertas minyak yang diikat dengan karet gelang. Ini memungkinkan udara masuk ke dalam wadah tetapi mencegah serangga dan debu masuk.
  • Letakkan wadah di tempat yang gelap dan hangat (sekitar suhu kamar) selama beberapa minggu. Biarkan cuka fermentasi, periksa setiap beberapa hari untuk memastikan tidak ada tanda-tanda pertumbuhan jamur atau bakteri yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Resep Kue Putri Salju Mudah dan Super Nikmat Cocok Untuk Sajian Hari Raya Idul Fitri

  • Setelah beberapa minggu, cairan dalam wadah akan berubah menjadi cuka. kamu bisa mencicipinya untuk memastikan rasa dan keasamannya. Jika kamu ingin cuka yang lebih kuat, biarkan proses fermentasi berlanjut.
  • Setelah mencapai keasaman yang diinginkan, saring cuka menggunakan saringan halus atau kain kasa untuk memisahkan cairan dari potongan apel dan partikel lainnya.
  • Tuang cuka ke dalam botol atau toples bersih dan steril, lalu tutup rapat. Simpan cuka apel di tempat gelap dan sejuk, dan kamu bisa menggunakan cuka apel untuk berbagai masakan atau minuman, atau untuk tujuan kesehatan dan kecantikan.

 

Baca Juga: Resep Manisan Kolang Kaling Super Nikmat dan Tahan Lama Cocok Untuk Takjil Berbuka Puasa

Nah itu dia resep dan cara membuat cuka apel, semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba membuat cuka apel di rumah!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini