Agar Tetap Terhidrasi dan Sehat, Ini 4 Cara Meningkatkan Kolagen Kulit

Zahwa Elia Azzahra
Senin 20 Maret 2023, 23:55 WIB
Ilustrasi Kulit Sehat

Ilustrasi Kulit Sehat

LABVIRAL.COM - Tubuh manusia terdiri dari sekitar 80 persen kolagen yang dapat ditemukan di bagian tulang, otot, kulit dan tendon. 

Kolagen memiliki peran penting untuk kesehatan kulit, seperti dapat regenerasi kulit, memastikan kulit tetap terhidrasi dan menjaga elastisitas kulit

Tapi seiring bertambahnya usia, kualitas dan produksi kolagen akan semakin berkurang dan kolagen akan menjadi terfragmentasi dan didistribusikan secara sedikit. Akibatnya, jika tidak melakukan beberapa perawatan, kulit akan mengalami penuaan, keriput dan kulit kendur.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Ini Dapat Merusak Mesin Cuci

Hilangnya dan kerusakan kolagen seiring bertambahnya usia tidak dapat dihindari, tetapi faktor pola makan dan gaya hodup tertentu dapat mempercepat prosesnya, seperti merokok, minum alkolhol, paparan sinar matahari berlebih dan kurang tidur.

Tetapi, adapun empat cara yang bisa meningkatkan kualitas kolagen agar kulit tetap sehat dan terjaga. Dikutip dari laman Boldsky oleh Labviral.com, berikut empat cara untuk meningkatkan kolagen kulit, cekidot!

Baca Juga: 8 Tips Bikin Rambut Kembali Tebal dan Sehat

1. Melakukan Eksfoliasi

Menggunakan kulit buah atau menggunakan produk eksfoliasi dapat meningkatkan kolagen. Namun, melakukan eksfoliasi atau pengelupasan harus diterapkan dengan hati-hati untuk menghindari masalah kulit dan kerusakan pada kolagen di kulit.

Ilustrasi Eksfoliasi Kulit (Freepik/wayhomestudio)

Baca Juga: Jangan Percaya! 7 Mitos Soal Kopi Ini Gak Benar

2. Menggunakan Serum

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini