Cara Tepat Mengatasi dan Merawat Hiperpigmentasi Kulit

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 21 Maret 2023, 20:36 WIB
Ilustrasi Kulit Hiperpigmentasi

Ilustrasi Kulit Hiperpigmentasi

LABVIRAL.COM - Semua orang ingin memiliki kulit wajah yang sehat, cerah, bebas dari jerawat dan noda gelap atau bintik hitam akibat paparan sinar matahari. Kondisi tersebut terjadi jika seseorang terlalu sering terpapar sinar matahari atau yang disebut hiperpigmentasi. 

Dikutip Labviral.com dari laman Indianexpress, hiperpigmentasi adalah kondisi kulit yang menyebabkan bercak kecil atau besar pada kulit yang nampak lebih gelap dari permukaan kulit. Kondisi ini bisa saja terjadi pada bagian tubuh manapun. 

Akibat produksi melanin yang berlebih, faktor risiko terbesar terjadi hiperpigmentasi umumnya adalah terkena paparan sinar matahari dan peradangan. Keduanya dapat menyebabkan peningkatan produksi melanin. 

Baca Juga: Tidak Hanya Kurang Tidur, Ini Faktor-faktor Penyebab Mata Panda

Dijelaskan dokter kulit Dr Ajay Rana, paparan sinar matahari dapat menyebabkan bercak pada kulit atau hiperpigmentasi. Selain itu, jenis kulit yang lebih gelap juga rentan terhadap perubahan pigmentasi.

"Melanin diproduksi oleh sel kulit yang disebut melanosit, ini adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit. Selain itu, obat-obatan tertentu, perubahan hormon Dan paparan sinar matahari dapat mempengaruhi produksi melanin," bebernya.

Sementara menurut dokter kulit, Dr Rashmi Shetty menjelaskan adapun beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk mencegah hiperpigmentasi. Hal yang pertama untuk mencegah hiperpigmentasi, pastikan kulitmu tetap terhidrasi dengan baik dari dalam dan luar.

Baca Juga: Tips Mengatasi Mata Panda, Gak Perlu Minder Lagi!

"Oleskan pelembap berdasarkan jenis kulitmu setiap hari dan malam. Lalu konsumsi makanan dan suplemen yang dapat menghidrasi kulit," jelasnya. Lebih lanjut, dr Shetty juga menekankan bahwa paparan sinar matahari dapat menyebabkan hiperpigmentasi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini