Manfaat dan Cara Membuat Masker Kopi untuk Pertumbuhan Rambut, Bisa Lebat Berkilau

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 21 Maret 2023, 21:10 WIB
Ilustrasi biji kopi (Sumber : freepick.com)

Ilustrasi biji kopi (Sumber : freepick.com)

LABVIRAL.COM - Selain sebagai minuman penyemangat pagi, ternyata kopi juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, lho!.

Dikutip Labviral.com dari laman Stylecraze, kandungan anekdotal menunjukkan bahwa kopi memiliki manfaat baik bagi untuk kesehatan rambut. Selain itu, kafein pada kopi juga dapat mencegah kerontokan rambut, membuat warna rambut berkilau dan halus.

Kopi dipercaya sangat bermanfaat bagi rambut, karena memilki banyak nutirisi dan vitamin yang dibutuhkan rambut. Lebih lanjut, berikut ini beberapa manfaat kopi pada rambut yang wajib kamu coba. Yuk, disimak!

Baca Juga: Tidak Disarankan, Minum Jus Buah Ternyata Bisa Sebabkan Peradangan Kulit Wajah

Kopi merangsang pertumbuhan rambut

Kafein dalam kopi merangsang sel-sel matriks untuk merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, kafein juga mengandung antioksidan yang mengurangi kehilangan air transepidermal (jumlah air yang menguap dari kulit) serta merangsang produksi sel rambut yang sehat. Para peneliti juga mengamati bawah minum kopi juga baik untuk pertumbuhan rambut pada wanita dan pria.

Baca Juga: 4 Obat Rumahan Murah Mampu Cegah Bibir Kering dan Pecah-pecah

Kopi mencegah rambut rontok

Kopi dapat merangsang folikel rambut dan melawan kerontokan rambut. Pada laki-laki, kebotakan tejadi sebagian besar karena dihidrostestosteron (DHT), hormon turunan dari testosteron, atau hormon seks pria. Ini bisa merusak folikel rambut dan menyebabkan kerontokan. Maka dengan kafein ini, dapat mencegah DHT dalam folikel rambut pria. Sementara, wanita dengan kadar DHT tinggi juga mengalami kerontokan rambut dan dapat diatasi dengan kopi.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Munculnya Jerawat pada Tubuh

Kopi membuat rambut berkilau

Sifat antioksidan dan nutrisi kafein memperkuat folikel rambut dan menambah kilau pada rambut. Bukti anekdotal menunjukkan bahwa dengan mengoleskan kopi pada rambut, dapat mengurangi kusam pada rambut dan membuatnya lebih halus serta mencegah rambut keriting.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini