Jangan Tidur dengan Kondisi Rambut Basah, Bisa Bikin Rambut Rontok

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 21 Maret 2023, 21:44 WIB
Ilustrasi tidur dengan kondisi rambut basah. (Sumber : Pixabay.com/Claudio_Scott)

Ilustrasi tidur dengan kondisi rambut basah. (Sumber : Pixabay.com/Claudio_Scott)

LABVIRAL.COM - Tahukah kamu, beberapa kebiasaan buruk saat tidur tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh, tapi juga pada kesehatan rambut. Terutama pada kerontokan rambut.

Seperti tidur dengan rambut basah yang sudah menjadi kebiasaan banyak masyarakat di perkotaan. Setelah kesibukan panjang dan aktivitas padat, orang-orang memilih untuk keramas malam hari tapi, namun tidak sempat untuk mengeringkannya dan terbawa sampai tidur.

Ternyata kebiasaan ini, sangatlah buruk. Max Stevens, dari The Sleep Checklist menyebutkan bahwa kebiasaan tersebut dapat menyebabkan rambut rontok dan rusak.

Baca Juga: DNA Salmon, Perawatan Kecantikan Ala Krisdayanti yang Bikin Awet Muda

"Tidur dengan rambut basah dapat membuat rambut keriting dan rapuh. Struktural rambut melemah saat basah dan membuatnya rentan terhadap kerusakan," ungkapnya dikutip Labviral.com dari laman Express.

Penyebab rambut rontok juga banyak. Mulai dari terlalu sering keramas, faktor genetik hingga menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia. Bahkan, kurangnya asupan nutrisi dan vitamin juga berpengaruh terhadap kesehatan rambut sehingga menyebabkan kerontokan. (Freepik)

Menurutnya, ketika tubuh bergerak saat tidur, rambut berada di bawah tekanan. Nah, tekanan inilah yang menyebabkan kerusakan pada rambut. Selain itu, rambut basah dan lembap juga menyebabkan pertumbuhan bakteri.

Baca Juga: Rambut Rontok Tanda Seseorang Kekurangan Vitamin D

"Tekanan ini dapat menyebabkan rambut patah ketika rambut masih basah," jelas Steven.

"Bakteri yang tumbuh di tempat tidur dan di atas bantal bisa berbahaya dan dapat menyebabkan masalah dengan kulit dan rambut, seperti jerawat dan ketombe. Bakteri juga dapat menyebabkan masalah pernapasan jika jamur terbentuk."

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini