7 Wisata Sejarah di Yogyakarta Wajib Kamu Kunjungi, Penuh Nilai Historis

Sunardi
Rabu 22 Maret 2023, 13:48 WIB
Suasana di sekitar Tugu Golong Gilig Yogyakarta. (Sumber : wonderfulimages.kemenparekraf.go.id)

Suasana di sekitar Tugu Golong Gilig Yogyakarta. (Sumber : wonderfulimages.kemenparekraf.go.id)

LABVIRAL.COM - Sebagai daerah istimewa, Yogyakarta memiliki cerita dan peninggalan sejarah yang panjang. Provinsi yang dihuni sekitar 3,7 juta jiwa ini memiliki berbagai peninggalan sarat nilai yang cocok sebagai destinasi wisata sejarah.

Sejak masa pendudukan kolonial Belanda sampai masa kemerdekaan Indonesia, Yogyakarta memiliki peran penting. Berbagai tempat bersejarah yang pernah menjadi saksi bisu peristiwa penting di Yogyakarta masih ada sampai sekarang.

Tempat-tempat bersejarah ini memang bagus untuk dikunjungi. Wisata sejarah, selain menawarkan poin-poin edukasi, kamu juga bisa ikut merasakan perjuangan orang-orang pendahulu.

Lalu, apa saja wisata sejarah di Yogyakarta yang bisa dikunjungi?

1. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Halaman depan Keraton Yogyakarta.

Wisata sejarah pilihan pertama tentu jatuh pada kunjungan ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton yang menjadi tempat pusat jalannya roda pemerintahan ini memiliki nilai historis yang begitu kuat dari dulu sampai sekarang.

Keraton ini didirikan pertama kali oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I setelah Perjanjian Giyanti pada tahun 1755 dan selesai dibangun pada 7 Oktober 1756.

Berwisata ke keraton ini memang bisa menjadi pengalaman edukatif. Banyak cerita dari latar belakang berdirinya Yogyakarta sampai perlawanan-perlawanan terhadap pemerintah kolonialisme Belanda. Kamu juga bisa belajar banyak hal terkait kebudayaan yang berkembang di Yogyakarta.

Baca Juga: Cukup Jalan Kaki, Ini 7 Tempat Wisata Menarik di Dekat Keraton Yogyakarta

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini