Benarkah Makanan Pedas Bisa Menimbulkan Jerawat?

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 22 Maret 2023, 20:59 WIB
Jerawat (Sumber : Freepik/cookie_studio)

Jerawat (Sumber : Freepik/cookie_studio)

LABVIRAL.COM - Jerawat merupakan kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel-sel kulit mati. Salah satu faktor menyebabkan jerawat muncul yang paling umum adalah pola makan yang tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan pedas.

Labviral.com melansir dari laman lavelier, menurut penelitian wanita muda ditemukan lebih berisiko terkena jerawat. Penelitian ini mempelajari faktor risiko jerawat vulgaris di kalangan wanita. Ditemukan bahwa 58 persen wanita yang makan pedas mengalami komedo.

Setelah makan pedas, suhu tubuh terasa panas sehingga menghasilkan keringat yang memicu minyak untuk dilepaskan dari kulit. Ketika minyak, kotoran, dan bakteri menyumbat pori-pori, saat itulah dapat menemukan diri mengalami masalah dengan berbagai kondisi kulit.

Baca Juga: Nekat Suntik Filler Sendiri, Ini Akibatnya!

Makanan pedas dapat meningkatkan peradangan pada kulit, terutama ketika tidak terbiasa memakannya. Peradangan adalah salah satu fungsi tubuh defensif yang kita miliki. Ini dipicu ketika sistem kekebalan tubuh mengenali 'penjajah asing', seperti bakteri, parasit dan zat lain yang berbahaya. 

Jadi, apakah makanan pedas benar-benar dapat memicu jerawat?

Dilansir dari laman marquemedical, sebuah penelitian yang dilakukan pada 2006 dan diterbitkan oleh Eastern Mediterranean Health Journal menyimpulkan bahwa makanan pedas dapat menjadi pemicu lain yang menyebabkan jerawat pada kulit. 

Baca Juga: 6 Makanan Ini Dipercaya Bisa Atasi Jerawat, Yuk Dicoba!

Ini karena makanan pedas sering mengandung likopen asam yang dapat mengiritasi kulit, membuang keseimbangan tingkat pH dan hingga memicu jerawat

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini