Punya Jerawat di Jidat? Begini Cara Mengatasinya

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 23 Maret 2023, 01:05 WIB
Ilustrasi, jerawat di jidat

Ilustrasi, jerawat di jidat

LABVIRAL.COM - Perubahan hormon, stres dan kebersihan yang buruk dapat memicu jerawat dapat timbul. Jerawat dapat berkembang dimana saja, tapi sering terjadi pada wajah, bahu, punggung, dada dan yang paling sering di area jidat atau dahi.

Jerawat timbul ketika kelenjar kecil tepat di bawah permukaan kulit tersumbat. Kelenjar ini disebut dengan sebaceous, yang menghasilkan zat berminyak atau sebum. Apabila tersumbat karena terlalu banyak sebum, sel kulit mati atau bakteri bisa menimbulkan jerawat.

Selain di wajah, jerawat juga sering muncul di area jidat yang dapat menganggu dan mempengaruhi penampilan. Jerawat di jidat sering terlihat seperti benjolan merah yang padat. Jerawat di jidat juga dikenal dengan T-zone (dahi atau jidat, hidung, dagu) yang memiliki kadar kelenjar minyak lebih banyak dari area lainnya.

Baca Juga: Ini Spesifikasi Mobil Listrik Mungil Toyota C+Pod, Dibanderol Rp200 Jutaan

Lantas, bagaimana cara mengobati jerawat di jidat?

Dilansir Labviral.com dari laman Healthline, cara untuk mengobati jerawat di dahi adalah dengan memulai perawatan kulit yang baik. Cucilah wajah dua kali sehari dengan pembersih yang lembut. Ini akan menghilangkan minyak berlebih di kulit.

Selain itu, jerawat di jidat juga bisa diatasi dengan berbagai pengobatan di rumah dengan mengompres hangat ke jidat dua kali sehari. Hal ini dapat membatu menghilangkan sebum berlebih dan meningkatkan pemulihan.

Baca Juga: 6 Tips Mudah Perawatan Kulit untuk Wanita Lansia

Sementara, dilansir dari laman Medical News Today, berikut ini bahan-bahan rumahan yang bisa mengatasi jerawat di jidat, antara lain:

  • Lidah Buaya: Oleskan daging lidah buaya langsung ke area jidat secara merata.
  • Cuka Sari Apel: Campurkan seperempat cuka sari apel dengan tiga perempat air dan oleskan bahan tersebut ke jidat dengan kapas.
  • Perasan Jeruk Nipis atau Lemon: Potong terlebih dulu jeruk nipis atau lemon, lalu oleskan ke area yang berjerawat di jidat.

    Baca Juga: 4 Penyebab Ban Belakang Motor Matic Bergoyang dan Tidak Stabil

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini