Bingung Cara Memberi Susu ke Anak Kucing yang Baru Lahir? Berikut Tipsnya

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 24 Maret 2023, 02:03 WIB
Ilustrasi - merawat anak kucing

Ilustrasi - merawat anak kucing

LABVIRAL.COM - Merawat anak kucing yang baru lahir memang menjadi tantangan tersendiri buat kamu yang mengalami situasi seperti itu, karena sejatinya tidak ada yang bisa menggantikan air susu induk kucing.

Air susu induk kucing menyediakan semua gizi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak kucing. Namun, situasi di mana anak kucing berada dalam kondisi sendirian sangat mungkin terjadi.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa karena induk kucing mati atau bisa jadi saat ia memindahkan anak-anaknya ke lokasi lain yang dianggap lebih aman, tanpa sengaja ia meninggalkan salah satunya.

Baca Juga: 4 Tips Memberi Makan Anak Kucing, Yuk Disimak

Untungnya, anak kucing yang baru lahir masih bisa diberi makan pengganti seperti susu formula. Dengan menyusun jadwal yang cermat, pemberian susu kucing yang berkualitas serta ditopang dengan kesabaran saat mengasuh, anak kucing juga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Makanan seperti apa yang harus diberikan?

Untuk anak kucing yang baru lahir, kamu bisa memberikan susu pengganti, seperti produk susu untuk anak kucing yang bisa didapatkan di toko hewan peliharaan maupun klinik dokter hewan di sekitar tempat tinggalmu.

Satu hal yang harus kamu ingat, dalam membeli susu untuk anak kucing adalah tidak boleh memberikan susu formula bayi ataupun susu sapi. Hal ini dikarenakan anak kucing tidak memiliki enzim yang bisa digunakan untuk mencerna laktosa dengan baik. Sehingga jika hal ini tidak kamu perhatikan, anak kucing peliharaanmu akan terserang diare, dehidrasi dan bahkan dalam kondisi terburuk, kematian.

Baca Juga: Yuk Ketahui Perbedaan Burung Murai Batu Betina dan Jantan

Pendiri serta direktur Smitten with Kittens, sebuah organisasi non profit di  Tallahassee, Florida yang khusus melakukan penyelamatan terhadap anak kucing terlantar, saat diwawancarai oleh dailypaws.com mengatakan bahwa dalam situasi terburuk kamu dapat menggunakan susu kambing sampai menemukan susu khusus untuk anak kucing. Tapi ingat ya, langkah ini hanya untuk sementara, bukan seterusnya atau jangka panjang.

Lalu bagaimana cara memberikan susu formula anak kucing?

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini