Beda Penanganan! Tips Merawat Anakan Gecko yang Baru Menetas

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 24 Maret 2023, 02:06 WIB
Ilustrasi, merawat gecko

Ilustrasi, merawat gecko

LABVIRAL.COM - Tengah naik daun, gecko saat ini cukup banyak dicari dan dipelihara oleh para pecinta hewan. Banyak orang memelihara reptil liar itu karena dianggap lucu dan memiliki warna-warna unik nan exotis.

Bahkan banyak komunitas atau perkumpulan yang membudidayakan gecko dan mengoleksi berbagai macam jenisnya. Tak jarang pula mereka mengadakan pameran gecko di mall-mall besar di Indonesia. 

Berbicara tentang budidaya gecko, ada yang melakukannya karena memang menyukai binatang imut tersebut. Tetapi, ada juga yang melakukannya sebagai ladang mencari cuan.

Baca Juga: Bingung Cara Memberi Susu ke Anak Kucing yang Baru Lahir? Berikut Tipsnya

Untuk kamu yang ingin membudidayakan gecko, tentu saja kamu harus paham bagaimana cara merawat anakan gecko. Apalagi merawat gecko anakan tentu saja tidak sama dengan cara merawat gecko dewasa.

Ingin anakan geckomu terhindar dari kematian, berikut Labviral.com bantu dengan memberikan tips cara merawat anakan gecko, yuk disimak!

  • Hal yang pertama yang sebaiknya kamu lakukan yaitu pemisahan. Di mana setelah anakan gecko menetas, pisahkan anakan dari kandang orang tuanya. 
  • Kamu harus menyiapkan kandang khusus, selain itu pastikan dalam kandang tersebut juga tersedia air minum bersih.
  • Kamu tidak diperkenankan untuk memberi makanan jika anakan gecko belum pup (mengeluarkan kotoran) pertama. Biasanya anakan gecko akan pup pada  3 – 4 hari setelah menetas. 
  • Untuk hal tersebut kamu tidak perlu takut anakan gecko kelaparan. Hal tersebut dikarenakan anakan gecko masih menyimpan cadangan makan pada ekornya.
  • Selanjutnya jika anakan gecko sudah mengeluarkan pup pertama, kamu bisa mencoba memberikan makan dengan waktu 1×24 jam. Kamu bisa memberikan jangkrik kecil yang telah dipotong sungutnya. Namun, jika setelah 1×24 jam jangkrik tersebut belum dimakan, kamu bisa mencoba mengakalinya dengan mengeluarkan cairannya dan dekatkan ke mulut anakan gecko.
  • Setelah anakan gecko makan lancar dan mulai beradaptasi, ganti alas kandang dari tisu yang dibasahi menjadi tisu kering, kertas atau pasir zeolit. Beri minuman dalam wadah minum dan rutin beri makanan sebagaimana gecko dewasa.

Nah, itu dia tips merawat anakan Gecko yang baik dan benar,  Ingat ya saat kamu ingin memelihara binatang rawatlah dengan baik, benar dan bijak. Semoga bermanfaat ya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkini