Tidak Sama! Ini Dia Perbedaan Gecko dan Tokek

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 24 Maret 2023, 02:12 WIB
Ilustrasi, perbedaan gecko dengan tokek

Ilustrasi, perbedaan gecko dengan tokek

LABVIRAL.COM - Gecko merupakan reptil liar atau kadal besar yang masih bersaudara dengan tokek, dimana mereka sama-sama berasal dari keluarga Gekkonidae. Nama gecko berasal dari kata dalam bahasa Indonesia, gekok , yang merupakan tiruan dari tangisan khas yang dibuat oleh tokek. 

Secara fisik kemiripan Gecko dan Tokek memang hampir mirip seratus persen, tapi yang sebenarnya tidak. Perlu kamu ketahui meskipun berasal dari satu keluarga, Gecko dan Tokek merupakan 2 spesies yang berbeda. 

Jika lebih diperhatikan lagi kamu akan menemukan perbedaan yang cukup signifikan diantara Gecko dan Tokek. Berikut ini Labviral.com, jelaskan perbedaan Gecko dan Tokek, agar kamu tidak bingung lagi untuk membedakan keduanya. Yuk disimak!

Baca Juga: Gampang Banget! Ini Tips Mudah Merawat Gecko

Bentuk Ekor

Untuk membedakan antara Gecko dan Tokek yang pertama kamu bisa melihatnya dari bentuk ekornya.  Dimana Gecko memiliki ekor yang lebih pendek dibandingkan dengan Tokek, ekor Gecko menggelembung menyerupai bentuk daun, sedangkan ekor Tokek lebih panjang lebih ramping kemudian dominan.

Dari ekor saja perbedaan antara Gecko dan Tokek sudah jelas terlihat. Selain itu, perbedaan lainnya yang bisa di lihat dari ekor yaitu pergerakannya, dimana ekor Gecko akan bergerak ketika dia sedang dalam kondisi marah atau merasa terancam. Hal tersebut tidak akan kamu temui pada ekor Tokek.

Baca Juga: Daftar Harga Motor Royal Enfield, Tidak Untuk yang Masih Pake Sabun Badan di Muka

Sifat 

Baik Gecko atau Tokek jantan, keduanya merupakan hewan yang tidak suka wilayahnya diganggu oleh yang lainnya termasuk sesama jenisnya.

Namun, meskipun demikian Gecko tidak akan lebih ganas atau agresif dari Tokek sifat inilah yang membedakan keduanya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini