5 Efek Buruk Konsumsi Pemanis Buatan bagi Kesehatan, dari Obesitas hingga Kanker

Sunardi
Sabtu 11 Maret 2023, 18:48 WIB
Ilustrasi macam-macam pemanis buatan. (Sumber : Freepik.com/Racool_studio)

Ilustrasi macam-macam pemanis buatan. (Sumber : Freepik.com/Racool_studio)

LABVIRAL.COM - Dewasa ini marak jenis makanan atau camilan yang mengandung pemanis buatan. Camilan dengan pemanis buatan tersebut banyak disukai orang. Namun, apakah kamu tahu jika pemanis buatan ini memiliki efek buruk bagi kesehatan?

Sama seperti gula, mengonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan berlebihan juga memiliki efek buruk bagi tubuh. Berikut beberapa efek buruk yang disebabkan oleh konsumsi pemanis buatan dirangkum dari beberapa sumber:

1. Risiko obesitas

Ilustrasi wanita gemuk yang bisa rawan terkena obesitas.

Efek buruk pertama yang disebabkan oleh pemanis buatan jika dikonsumsi secara berlebihan adalah obesitas. Mengonsumsi pemanis buatan ini dapat memicu nafsu makan dan mengganggu mekanisme pengaturan berat badan.

Apalagi jika kebanyakan makanan yang mengandung pemanis buatan termasuk rendah kalori bisa membuat tubuh menganggap masih kekurangan gizi. Hal tersebut pun bisa mendorong kecenderungan ngidam terus, yang kemudian bisa meningkatkan motivasi untuk makan lebih banyak.

Baca Juga: 5 Manfaat Puasa bagi Kesehatan, Cocok Buat yang Lagi Diet

Baca Juga: 5 Manfaat Tak Terduga Teh Pahit bagi Kesehatan

2. Diabetes tipe 2

Gejala diabetes.

Konsumsi pemanis buatan juga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Meskipun pemanis buatan tidak langsung memicu diabetes, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi pemanis buatan dapat mengganggu fungsi sel beta di pankreas, yang bertanggung jawab untuk memproduksi insulin.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini