Kamu Suka Minuman Manis? Waspadai 5 Penyakit Disebabkan Konsumsi Gula Berlebihan

Sunardi
Senin 13 Maret 2023, 15:09 WIB
Ilustrasi gula. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi gula. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Gula memang memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Namun, di balik konsumsi gula ini juga terdapat bahaya dan risiko penyakit yang mengancam. Risiko penyakit yang disebabkan gula berlebih ini tidak main-main.

Konsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi gula berlebih memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan.

Risiko terhadap kesehatan tersebut seperti meningkatkan risiko diabetes, rawan terkena penyakit kardiovaskular, obesitas, karies gigi, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa penyakit disebabkan konsumsi gula secara berlebih yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Risiko penyakit diabetes tipe 2

Gejala diabetes.

Penyakit yang disebabkan oleh konsumsi gula berlebih pertama adalah diabetes tipe 2. Konsumsi gula secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Gula yang ada di dalam makanan atau minuman akan dipecah menjadi glukosa, yang kemudian akan diserap ke dalam darah.

Kadar gula darah yang terlalu tinggi inilah yang kemudian dapat merusak sel-sel insulin dalam tubuh dan membuat tubuh menjadi resisten terhadap insulin. Akibatnya, tubuh akan kesulitan untuk mengontrol kadar gula darah dan dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Penyakit ini tentu bisa dihindari dengan tidak mengonsumsi gula secara berlebihan.

Baca Juga: Konsumsi Buah Apel 30 Menit Sebelum Makan Bisa Mengurangi Kadar Gula Darah

Baca Juga: 7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula, dari Redakan Jerawat hingga Cegah Diabetes


2. Obesitas

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini