Gula Putih vs Gula Merah, Mana Sih yang Lebih Sehat? Ini Penjelasannya

Zahwa Elia Azzahra
Senin 13 Maret 2023, 16:32 WIB
Ilustrasi gula putih dan gula merah

Ilustrasi gula putih dan gula merah

LABVIRAL.COM - Gula merupakan pemanis yang banyak disukai banyak orang. Entah untuk menyeduh teh, kopi, jus dan minuman manis lainnya. Ada banyak jenis gula di pasaran. Namun yang paling umum adalah gula putih dan gula merah.

Namun, karena banyak efek buruk untuk kesehatan dari mengonsumsi gula putih, banyak orang yang sadar dan mengklaim bahwa gula merah lebih sehat daripada gula putih.

Apakah gula merah benar-benar sehat? Berikut ulasannya yang diberikan oleh ahli gizi Garima Goyal.

Baca Juga: Lebih Baik dari Kopi, Ini 6 Manfaat Minum Teh di Pagi Hari

Dikutip Labviral.com dari laman Indianexpress, Diwekar mengatakan sumber gula putih dan gula merah adalah air tebu, hanya pengolahannya saja yang berbeda. "Tapi, manfaat dari gula merah lebih besar daripada gula putih," jelasnya.

Goyal menambahkan, gula merah adalah pemanis yang benar-benar alami sedangkan gula merah mengandung bahan kimia karena terdapat proses pemutihan untuk mengolahnya. 

"Untuk pembuatan gula putih menggunakan bahan kimia. Tapi, gula merah tidak diolah seperti itu dan gula merah sangat baik untuk penderita anemia karena tinggi dengan zat besi, magnesium, potasium, zinc, kalsium dan selenium," bebernya.

Baca Juga: Waspada! Ini Sakit Kepala yang Berbahaya, Bisa Pingsan dan Sebabkan Kematian

Lebih lanjut, Goyal mengungkapkan penyerapan gula merah yang lambat menyebabkan keseimbangan kadar gula, sementara gula diserap putih diserap dengan cepat dan menyebabkan kadar glukosa darah dapat melonjak.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini