Menyerang Segala Usia, Kenali Gejala Awal Cacar Air

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 14 Maret 2023, 02:07 WIB
Ilustrasi seseorang terinfeksi cacar air

Ilustrasi seseorang terinfeksi cacar air

LABVIRAL.COM - Cacar air dalam istilah medis disebut varicella, penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Penyakit menular ini menyerang segala usia, namun, lebih rentan dialami oleh anak usia di bawah 12 tahun.

Umumnya, seorang hanya akan menderita cacar air satu kali seumur hidup, tapi tak menutup kemungkinan seseorang terkena lebih dari satu kali.

Tak hanya itu saja, cacar air bahkan juga bisa menyebabkan komplikasi serius pada ibu hamil, bayi dan juga penderita HIV/AIDS.

Baca Juga: Ternyata Ada Tingkatannya, Yuk Cek Level Stres Kamu

Dikutip laman YouTube Klinikpelitasehat, cacar air sangat mungkin menular pada orang yang belum terkena cacar air dan belum mendapatkan vaksin cacar air.

Ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai. Melansir laman Kemenkes.go.id, gejala cacar air biasanya akan muncul 10-21 hari setelah terinfeksi.

Gejala utama cacar air adalah bentol-bentol merah yang berisi cairan di dalamnya. Bentol dimulai dari wajah, dada, punggung dan dapat menyebar keseluruh bagian tubuh.

Baca Juga: Sebabkan Komplikasi Parah, Kenali Faktor-faktor yang Bisa Membuatmu Tertular Cacar Air

Setelah gejala awal muncul, penderita akan merasakan demam, pusing hingga lemas. Selain itu, penderita juga sangat mungkin merasakan sakit tenggorokan hingga tak nafsu makan. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Style

5 Cara Mudah Cegah Cacar Air

Selasa 14 Maret 2023, 01:50 WIB
5 Cara Mudah Cegah Cacar Air
Berita Terkini