Ternyata Ada Tingkatannya, Yuk Cek Level Stres Kamu

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 14 Maret 2023, 02:05 WIB
Ilustrasi seorang pria yang sedang stres dengan pekerjaannya. (Pixabay.com/Steve DiMatteo)

Ilustrasi seorang pria yang sedang stres dengan pekerjaannya. (Pixabay.com/Steve DiMatteo)

LABVIRAL.COM - Stres berat dapat terjadi bila seseorang mengalami tekanan mental yang berlebihan. Sayangnya, tidak semua orang langsung menyadari bahwa dirinya menderita stres berat.

Kondisi ini bisa segera dideteksi dan ditangani, dengan cara mengetahui gejala hingga mengukur tingkat stress seseorang.

Berdasarkan laman Healthline dan WebMD, seseorang mengalami stres berat ditandai dengan gejala seperti: 

Mudah gelisah dan frustrasi, sering terlihat murung, mudah tersinggung, merasa dirinya tidak baik dan tidak berharga, serta merasa begitu tertekan.

Baca Juga: Sebabkan Komplikasi Parah, Kenali Faktor-faktor yang Bisa Membuatmu Tertular Cacar Air

Gejala lainnya orang yang mengalami stres berat adalah tidak dapat berpikir dengan tenang, tidak berenergi, tidak bisa tidur atau insomnia, sering sakit kepala, sering mengalami gangguan pencernaan, hingga berkurangnya nafsu makan.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami stres berat. Seperti beban pekerjaan, masalah keluarga, kehilangan orang terkasih, menderita penyakit tertentu, bercerai, kehilangan pekerjaan, hingga terlilit hutang.

Baca Juga: Suka Tidak Disadari, Ini Tanda Kamu Mengalami Stres!

Jika seseorang sedang mengalami kondisi-kondisi tersebut, sebaiknya perlu mengukur tingkat stres yang dialaminya melalui tes tingkat stres.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini