Sebabkan Komplikasi Parah, Kenali Faktor-faktor yang Bisa Membuatmu Tertular Cacar Air

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 14 Maret 2023, 02:02 WIB
Ilustrasi pengobatan cacar air

Ilustrasi pengobatan cacar air

LABVIRAL.COM - Virus varicella zoster adalah virus cacar air yang mengakibatkan benjolan berisi cairan, penyakit ini kerap menyerang anak-anak maupun orang dewasa.

Sebagian besar kasusnya terjadi pada anak-anak berusia di bawah 12 tahun. Ketika cacar air dialami oleh orang dewasa, maka gejalanya akan lebih parah.

Penyakit ini termasuk golongan penyakit menular, mudah menyebar dari satu orang ke orang lain. Jika sudah pernah terinfeksi, kekebalan tubuh akan mengenalinya sehingga kamu tak akan terinfeksi untuk kedua kalinya.

Baca Juga: Suka Tidak Disadari, Ini Tanda Kamu Mengalami Stres!

Hal itu juga berlaku untuk yang sudah melakukan vaksinasi, meskipun begitu, tak menutup kemungkinan orang tersebut tetap bisa terinfeksi. 

Virus varicella merupakan penyebab utama terjadinya cacar air. Setelah seseorang terkena cacar air, virus tetap tidak aktif atau dalam kata lain "beristirahat" di sistem saraf seumur hidup.

Namun, virus dapat aktif kembali dengan menyebabkan ruam atau bentol yang berisi cairan. Mengutip siloamhospital, virus varicella bisa menyebar melalui kontak langsung.

Baca Juga: Kamu sedang Alami Gejala Stres? Begini Cara Ampuh Hilanginnya

Contohnya, bersentuhan dengan lepuhan lenting atau dengan cara menghirup butiran air liur penderita melalui batuk atau bersin yang tak tertutup.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Style

5 Cara Mudah Cegah Cacar Air

Selasa 14 Maret 2023, 01:50 WIB
5 Cara Mudah Cegah Cacar Air
Berita Terkini