Mana Lebih Sehat Antara Jus dan Smoothies?

Tim Redaksi Labviral
Rabu 19 April 2023, 13:20 WIB
Mana Lebih Sehat Antara Jus dan Smoothies? (FOTO: Pixabay)

Mana Lebih Sehat Antara Jus dan Smoothies? (FOTO: Pixabay)

LABVIRAL.COM -Jus dan smoothies, keduanya merupakan minuman bernutrisi yang juga menyegarkan. Tak mengherankan jika kedua minuman tersebut kerap jadi pilihan untuk mendukung gaya hidup sehat. 

Secara umum, keduanya sering disebut minuman yang sama. Yakni sama-sama dibuat dari buah atau sayur, bisa juga kombinasi keduanya yang kemudian diblender untuk diminum. Bedanya, ada pada tingkat kepekatan minuman tersebut yang terlihat jelas.

Baca Juga: Punya Setumpuk Lemak Perut? Minum Jus Apel

Smoothies dan Jus, apa sih bedanya?

Jus dibuat dengan proses juicing, dalam proses ini buah dan sayur atau kombinasi keduanya akan diambil (ekstraksi) air dan juga nutriennya. Sementara, sisa ampas dan serat yang tertinggal dalam juicer atau blender akan dibuang begitu saja.

Sebenarnya, penggunaan blender untuk membuat minuman jus adalah sesuatu yang salah kaprah. Padahal, proses tersebut sangatlah berbeda. Di mana jus sebetulnya dibuat dengan menggunakan juicer, agar bisa memisahkan ekstrak sayur dan buah yang berupa air dari ampasnya. 

Melalui proses tersebut, jus menjadi lebih mudah dicerna karena tak lagi mengandung serat. Sehingga kandungan nutrisinya bisa diserap tubuh secara langsung

Berbeda dari jus, proses pembuatan smoothies justru menggunakan hampir semua bagian dari sayur dan buah. Terutama bagian yang dapat dimakan, kemudian diproses dengan menggunakan blender. 

Dalam proses ini, semua bagian dari sayur dan buah akan dihaluskan. Sehingga serat dalam smoothies lebih gampang dicerna dibandingkan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan secara langsung.

Baca Juga: Jangan Dilakukan, 7 Mitos Diet Ini Justru Menambah Berat Badan

Smoothies atau Jus, Mana yang Jauh Lebih Bagus untuk Kesehatan?

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini