Berbahaya Bagi Ibu Hamil, Penyakit Rubella Bisa Menular ke Janin!

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 14 Maret 2023, 18:41 WIB
Ilustrasi ibu hamil

Ilustrasi ibu hamil

LABVIRAL.COM - Rubella atau yang lebih dikenal dengan nama campak jerman memang terlihat sama dengan campak biasa, namun memiliki gejala yang lebih ringan.

Penyakit rubella disebabkan oleh infeksi virus rubella, yang bisa menular dari satu orang ke orang lain melalui udara atau kontak langsung dengan benda yang terkontaminasi air liur penderita. Virus rubella juga dapat menular dari ibu hamil ke janin yang dikandungnya melalui aliran darah.

Seseorang yang terinfeksi rubella dapat menularkan virus dalam 1-2 minggu sebelum gejala pertama kali muncul, hingga 7 hari setelah gejala ruam menghilang.

Baca Juga: Dikenal Jago, Berikut 5 Pesepakbola Terbaik Brasil Saat ini

Terkadang, sebagian orang yang terinfeksi rubella tidak mengalami gejala, tetapi tetap dapat menularkan virus kepada orang lain. Penyakit rubella tak hanya menyerang anak-anak saja, melainkan juga orang dewasa.

Mengutip yankes.kemkes.go.id, gejala utama rubella tak lain adalah demam, disertai ruam merah yang muncul 2-3 minggu setelah tertapapar virus rubella.

Ruam merah akan dimulai dari wajah, lalu menyebar ke seluruh tubuh. Gejala yang timbul akibat rubella biasanya ringan sehingga sulit terdeteksi. Namun, begitu seseorang terinfeksi, virus akan menyebar ke seluruh tubuh dalam waktu 5-7 hari.

Baca Juga: Tak Perlu Panik, Ini yang Harus Dilakukan untuk Mengobati Rubella!

Walaupun tergolong ringan, rubella dapat memberikan dampak yang serius bila menular pada ibu hamil, terutama pada trimester pertama kehamilan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini