Kanker Payudara pada Pria Ternyata Tumbuh Lebih Cepat dan Agresif

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 14 Maret 2023, 18:44 WIB
kanker payudara pria

kanker payudara pria

LABVIRAL.COM - Kanker payudara nyatanya tak hanya menyerang wanita, tapi juga pria. Bahkan kanker payudara pria tumbuh lebih cepat dan agresif.

Hal ini lantaran pria juga memilki sel dan jaringan payudara yang memungkinkan sel kanker tumbuh dan berkembang di area tersebut.

Pria juga bisa memilki benjolan di payudara, umumnya jika membesar disebut ginekomastia yang bisa jadi penanda munculnya kanker payudara.

Data breastcancer.org pada 2020 menyebutkan kasus kanker payudara pada pria ada sekitar 2.620 kasus dengan angka kematian sebesar 520 di dunia.

Baca Juga: 5 Fakta Istimewa Motor Trail Honda CRF150L, Harga Rp34 Jutaan Aja

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hemato-Onkologi, Jeffry Beta Tenggara mengungkapkan bahwa 1 persen dari jumlah kasus kanker payudara, justru terjadi pada pria. Dia bahkan punya pengalaman menangani tiga pasien pria yang mengalami kanker payudara.

"Kanker payudara bisa terjadi pada pria, saya punya tiga kasus. Satu persen (kasus) kanker payudara, terjadi pada pria,” kata Jeffry saat ditemui di konferensi pers memperingati hari kanker sedunia 2023 di Aryaduta Suites, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Fakta mengejutkan lain seputar kanker payudara pada pria, kata Jeffry, ternyata sel kanker payudara pada pria justru cenderung lebih agresif, serta lebih cepat progres pertumbuhannya dibanding sel kanker pada wanita.

Baca Juga: Berbahaya Bagi Ibu Hamil, Penyakit Rubella Bisa Menular ke Janin!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini