Begini Cara Mencuci Mobil Agar Tak Menyebabkan Karat

Yusuf Tirtayasa
Minggu 28 Mei 2023, 11:23 WIB
Ilustrasi: Proses cuci mobil

Ilustrasi: Proses cuci mobil

LABVIRAL.COM - Membersihkan mobil sudah menjadi kewajiban bagi pemilik kendaraan. Terlebih, mobil yang bersih mencerminkan pribadi sang pemiliki mobil. Sehingga, perlu memperhatikan kebersihan mobil ketika ingin memakainya.

Mencuci bodi mobil harus dilakukan dengan penuh kesadaran akan bagian kendaraan tertentu yang cukup sensitif apabila terkena air. Anda harus menggunakan alat dan bahan pembersih yang sesuai alias khusus untuk mobil. Penggunaan semua hal yang tidak tepat sudah pasti akan mengakibatkan kerusakan pada permukaan mobil.

Selain itu ada teknik mencuci yang harus dilakukan supaya mobil bersih dari kotoran dan tidak meninggalkan bekas lecet. Berikut adalah tips mencuci mobil mengutip dari beberapa sumber.

1. Hindari Mencuci Mobil di Bawah Sinar Matahari

Mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung sangat tidak dianjurkan. Kondisi ini akan menjadi lingkungan yang cocok bagi jamur untuk bertumbuh di body mobil. Tentu Anda tidak mau jamur bertumbuh, bukan? Pencucian mobil di tengah teriknya sinar matahari sering kali tidak disadari. 

Padahal tindakan ini akan sangat membahayakan kendaraan Anda. Cuci mobil Anda di teras rumah yang memiliki atap. Jika tidak memiliki cukup ruang untuk bergerak barulah gunakan area luar rumah. Namun Anda hanya bisa mencucinya di sore hari agar jamur tidak bertumbuh. 

Jangan lupa melakukan pengecekan ulang untuk bagian-bagian yang rawan menjadi tempat penampungan air seperti gagang pintu, pinggiran lampu, sela-sela krom, dan bagian lainnya. Lap semua bagian badan mobil supaya mengering sempurna. Anda juga bisa mengeringkan mobil dengan menyalakan mesin mobil untuk membuat getaran sehingga air terjatuh ke bawah. 

Baca Juga: Tips Cuci Mobil Sampai ke Mesin Tanpa Takut Korslet

2. Jangan Menurunkan Kaca Hingga Mobil Kering

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini