Penyimpanan WhatsApp Penuh Meskipun File Sudah di Hapus? Begini Cara Mengatasinya

Yowan R
Senin 05 Juni 2023, 09:16 WIB
Ilustrasi pengguna WhatsApp (Sumber : pinterest.com)

Ilustrasi pengguna WhatsApp (Sumber : pinterest.com)

LABVIRAL.COM - Semua file yang terdapat di aplikasi WhatsApp, baik itu berupa pesan teks, ataupun pesan media (foto, video, dan audio), dan juga file dokumen.

Jika pesan ini dibiarkan terus menerus, tentu saja akan menumpuk dan menyebabkan memori penyimpanan WhatsApp menjadi penuh.

Penyimpanan WhatsApp yang terlalu banyak tentunya akan mempengaruhi memori penyimpanan HP. Nah, jika memori HP ini penuh maka pengguna sudah dipastikan tidak akan dapat menyimpan file media yang dikirimkan melalui WhatsApp.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna dapat menghapus beberapa pesan yang diterima atau terkirim di WhatsApp. Contohnya pesan-pesan yang terdapat pada group WhatsApp. Tapi, dalam kondisi tertentu, meskipun pesan di aplikasi WhatsApp sudah terhapus memori tetap penuh.

Umumnya, hal ini terjadi karena file-file yang sudah tersimpan di penyimpanan HP tidak ikut terhapus, penghapusan tadi hanya berlaku untuk pesan-pesan teks dan audio saja.

Karena itu, pengguna harus tahu bagaimana cara mengatasi penyimpanan WhatsApp yang penuh padahal sudah dihapus. Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa cara dibawah ini.

1. Menghapus file media yang tersimpan di WhatsApp

Cara mengatasi penyimpanan WA penuh padahal sudah dihapus yang pertama adalah menghapus file media yang menumpuk di aplikasi WhatsApp. Untuk melakukannya, pengguna bisa ikuti langkah-langkhnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan klik menu “Settings”.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Penyimpanan dan Data” dan klik “Kelola Penyimpanan”.
  • Di opsi “Kelola Penyimpanan”, terdapat terdapat tiga pilihan penghapusan media dari penyimpanan WhatsApp.
  • Pertama, pengguna bisa menghapus media-media dengan besar file lebih dari 5 MB yang dikirimkan dari semua ruang obrolan, baik individu maupun grup.
  • Kemudian, pengguna dapat menghapus media yang telah diteruskan berkali-kali.
  • Ketiga, pengguna juga bisa menghapus media yang dikirimkan dari tiap ruang obrolan, baik individu maupun grup.

Pada ketiga pilihan tersebut, pengguna dapat menghapus semua media sekaligus atau memilih sebagian media saja untuk dihapus.

2. Menghapus file di memori HP

Cara mengatasi penyimpanan WA penuh padahal sudah dihapus yang kedua adalah  menghapus file di memori HP yang dirasa tak penting lagi. Pengguna dapat mulai dengan mengurangi foto atau video yang terdapat di galeri HP.

Kemudian, pengguna juga dapat menghapus aplikasi yang sudah tak terpakai lagi. Selain itu, pengguna juga bisa menghapus file-file unduhan yang dirasa sudah tidak penting lagi. Dengan menghapus file, memori HP jadi lebih lega dan penyimpanan WA tidak penuh lagi.

Itulah  beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah penyimanan WhatsApp penuh meskipun sudah dihapus.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini