Ramai Pengguna Twitter Migrasi ke Truth Social, Apa Itu?

Yowan R
Selasa 04 Juli 2023, 05:35 WIB
Ilustrasi Truth Social, platfotm media sosial miliki Donald Trump (Sumber : newsweek.com)

Ilustrasi Truth Social, platfotm media sosial miliki Donald Trump (Sumber : newsweek.com)

LABVIRAL.COM - Baru-baru ini, ramai pengguna Twitter yang mengaku berpindah ke media sosial lain, yaitu Truth Social. Hal ini terjadi setelah CEO Twitter Elon Musk menerapkan aturan baru untuk membatasi jumlah twit yang bisa dibaca oleh pengguna pada Minggu, 2 Juni 2023.

Keriuhan Truth Social pun terekam dalam populer Twitter dengan 78.500 twit. Bahkan pengguna Truth Social disebut melonjak dalam 24 jam terakhir hingga menyebabkan aplikasi tersebut sempat down.

Mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu Truth Social. Karena itu, pada artikel kali ini Labviral.com akan memberikan penjelasan tentang apa itu Truth Social yang bisa kalian simak berikut ini.

Apa itu Truth Social?

Truth Social merupakan platform media sosial dari mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang diluncurkan pada 2022. Platform ini tidak diciptakan dengan tujuan sebagai pengganti layanan utama seperti Twitter atau Facebook, seperti dikutip dari PC Magazine.

Sebaliknya, Truth Social adalah platform media sosial lain yang dirancang untuk melawan persepsi "woke culture" dan lebih sedikit tentang aksesibilitas konten.

Pada awal peluncurannya, Trump menyebutkan jika Truth Social ini tidak akan mengotak-atik algoritma untuk manipulasi politik dan demonetisasi. Truth Social memiliki kemiripan dengan Twitter dan dibuat menggunakan lisensi sumber terbuka dari Mastodon yang awalnya dibuat sebagai alternatif Twitter.

Truth Social memiliki dua entitas di baliknya. Pertama adalah Trump Media & Technology Group (TMTG) yang dibentuk pada Februari 2021 oleh Donald Trump.

Perusahaan juga menggunakan nama T Media Tech LLC di beberapa tempat Kedua adalah Digital World Acquisition Corp. (DWAC), SPAC yang diperdagangkan secara publik yang didirikan oleh bankir Miami Patrick Orlando.

Cara kerja Truth Social

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Truth Social memiliki kemiripan dengan Twitter. Dimana untuk menjalankannya pun cukup mudah dan familiar, dikutip dari The Independent.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini