Ramai Soal Isi Pesan Virtex di WA yang Bikin HP Terganggu, Apa Itu?

Sunardi
Rabu 19 Juli 2023, 14:23 WIB
Ilustrasi aplikasi chat. (Sumber : Freepik.com/rawpixel.com)

Ilustrasi aplikasi chat. (Sumber : Freepik.com/rawpixel.com)

LABVIRAL.COM - Baru-baru ini warganet diramaikan dengan adanya kasus kiriman puluhan pesan WhatsApp (WA) yang disebut virtex. Pesan via WA ini pun meresahkan banyak orang yang menjadi korban.

Banyak warganet yang mengakut mendapatkan pesan dari nomor asing melalui WA, tapi saat pesan WA tersebut dibuka, ternyata pesan tersebut membuat HP dan aplikasi WA terganggu.

Adanya pengalaman ini dirasakan oleh pemilik akun Twitter @salwaarihan. Ia menjadi salah satu sasaran pesan virtex ini. Selain itu, juga ada akun-akun lain yang mengaku mendapatkan virtex hingga aplikasi WA tidak bisa dibuka.

Adanya kasus virtex ini pun mengganggu para pengguna WA. Bahkan, virtex ini memaksa pemilik HP tidak bisa mengendalikan HP miliknya.

Baca Juga: Gampang Banget, Begini Cara Logout WhatsApp di Komputer dari Jarak Jauh

Baca Juga: WhatsApp Tidak Dapat Mengedit Pesan? Begini Cara Mengatasinya

Lalu, sebenarnya apa itu virtex?

Pengertian virtex

Dikutip dari kompas.com, pengamat keamanan siber Alfons Tanujaya mengatakan bahwa gangguan yang dialami para warganet berupa pesan teks yang dikirim melalui aplikasi WA itu merupakan virtex.

"Virtex adalah kepanjangan dari virus text dan merupakan kumpulan teks (virtual teks) atau kode yang disusun sedemikian rupa dengan tujuan mengganggu kerja aplikasi Whatsapp," kata Alfons, dikutip dari kompas.com.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini