YouTube Diam-diam Rilis Fitur Stable Volume, Apa Fungsinya?

Yowan R
Kamis 20 Juli 2023, 21:12 WIB
Ilustrasi fitur baru dari Youtube yang bernama Stable Volume (Sumber : unsplash.com)

Ilustrasi fitur baru dari Youtube yang bernama Stable Volume (Sumber : unsplash.com)

LABVIRAL.COM - Youtube, baru-baru ini merilis fitur baru secara diam-diam. Fitur baru tersebut bernama Sable Volume untuk aplikasi di iOS dan Android. Stable Volume ini berguna untuk menyeimbangkan audio saat pengguna menonton sebuah video.

Youtube merilis fitur Stable Volume agar pengguna tidak mendapatkan lonjakan volume secara tiba-tiba. Hal ini biasanya terjadi saat pengguna membuka video lain dengan tingkat volume yang berbeda.

Dengan fitur Stable Volume ini, nantinya Youtube akan secara otomatis mengatur tingkat suara video untuk mencegah lonjakan volume yang dapat mengganggu. Saat audio yang diputar terlalu keras atau terlalu pelan, fitur Stable Volume ini akan menyesuaikan volume agar suara yang dikeluarkan lebih halus dan seimbang.

Hadirnya fitur Stable Volume ini awalnya diketahui oleh seorang pengguna forum. Reddit dengan handle @OwenTheHugger. Ia menemukan tombol “Stable Volume” yang terletak di menu pengaturan video yang ditonton. Tepatnya di bawah “Ambient mode” dan di atas “Report”.

Karena tidak mengetahui kegunaannya, ia menanyakan pengguna Reddit yang lainnya. Pengguna Reddit pun menjawab fitur ini kemungkinan berhubungan dengan kecerdasan buatan (AI) atau normalisasi audio.

Kemudian, blogger dari situs This is Tech Today, Brandon Lee juha menemukan fitur yang sama. Lee berasumsi bahwa fitur ini digunakan untuk menstabilkan volume audio yang diputar di Youtube.

"Saya tidak sepenuhnya yakin, tetapi menurut saya, fitur Stable Volume merupakan kompresor yang meratakan volume sehingga tidak mengalami lompatan besar antara video yang berbeda, dan antara bagian-bagian dalam sebuah video," ucap Lee.

Setelah banyak yang penasaran dengan fitur baru Stable Volume ini, akhirnya Youtube menjelaskan tentang kegunaannya.

Pihak Youtube menginformasikan kehadiran fitur Stable Volume dan fungsinya pada 18 Juli 2023 kemarin. Mereka mengatakan bahwa fitur ini masih dalam tahap uji coba secara global di perangkat mobile.

"Kami sedang menguji fitur kontrol audio yang baru di YouTube. Fitur ini mampu menghasilkan audio yang lebih konsisten bagi pengguna saat menonton video," kata juru bicara YouTube, sebagaimana dikutip dari TechCrunch, Kamis 20 Juli 2023.

"Eksperimen ini bersifat global dan tersedia di perangkat mobile," tambah pihak YouTube.

Karena fitur ini masih dalam tahap eksperimen, fitur ini masih belum tersedia untuk semua pengguna. Pihak YouTube pun tidak mengumbar tanggal perilisan fitur ini secara menyeluruh.

Pengguna dapat mengecek ketersediaan dengan memperbarui versi aplikasi Youtube yang pengguna miliki. Setelah itu, pengguna dapat memilih sebuah video, buka menu pengaturan dan cari tombol Stable Volume.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini