Hasil Studi: 54% Pria Lajang Bakal Gunakan Chatgpt untuk "Menipu" Pasangan Kencan

Yusuf Tirtayasa
Senin 31 Juli 2023, 12:44 WIB
Ilustrasi chatgpt (Sumber : Pixabay)

Ilustrasi chatgpt (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM - Perusahaan keamanan siber Kaspersky mengungkapkan sangat mungkin bahwa ChatGPT, alat AI generatif baru yang menggemparkan dunia dalam beberapa bulan terakhir terlibat dalam urusan asmara. 

Chat GPT merupakan singkatan dari Chat Generative Pre-trained Transformer, yang secara harafiah berarti Transformer Pra-terlatih Obrolan Generatif. Chat GPT menggunakan model bahasa generatif yang bisa memprediksi probabilitas kalimat atau kata berikutnya dalam suatu percakapan atau perintah teks.

Chat GPT memiliki kemampuan untuk memberikan informasi yang dibutuhkan penggunanya dengan cepat dan akurat. Selain itu, chatbot ini juga bisa mengerjakan perintah berbasis teks yang diinginkan pengguna, seperti membuat esai, mengerjakan tugas sekolah, membuat puisi, dan hal lainnya.

Hasil studi perusahaan menunjukkan bahwa lebih dari setengah (54%) pria lajang yang disurvei mengatakan bahwa mereka mungkin berminat menggunakan ChatGPT untuk menipu calon pasangan di aplikasi kencan agar terlihat lebih supel atau pintar saat mencari cinta.

Temuan ini merupakan bagian dari penelitian Kaspersky 'Date or DAIte?' yang menyurvei pria dan wanita lajang di Inggris untuk memahami bagaimana kecerdasan buatan (AI) dan khususnya ChatGPT memengaruhi dunia kencan.

Baca Juga: Chat GPT AI Bahasa Indonesia: Kemampuan dan Kelebihannya

Temuan mengungkapkan bahwa penggunaan ChatGPT sebagai 'dorongan' virtual yang membantu sudah berjalan dengan baik, dengan 75% dari semua pengguna aplikasi kencan mengatakan bahwa mereka akan mengeksplorasi penggunaan ChatGPT untuk memberikan topik obrolan yang sempurna.

Survei menemukan bahwa bukan hanya kualitas tetapi juga kuantitas yang dipengaruhi oleh ChatGPT, dengan 51% wanita lajang mengakui bahwa mereka akan menggunakan alat AI tersebut untuk berbicara dengan beberapa calon pasangan kencan di saat yang sama. 

Kekhawatiran Baru

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini