Gonta-ganti Oli Mesin Pada Sepeda Motor Apakah Dapat Menimbulkan Efek Negatif?

Yowan R
Kamis 10 Agustus 2023, 21:43 WIB
Ilustrasi ganti oli mesin sepeda motor (FOTO: Instagram.com/jaya_servis_2532)

Ilustrasi ganti oli mesin sepeda motor (FOTO: Instagram.com/jaya_servis_2532)

LABVIRAL.COM - Perawatan pada sepeda motor, tak luput dari penggantian oli mesinnya. Penggantian oli mesin sepeda motor berguna untuk menjaga performa mesin tetap terjaga.

Saat mengganti oli mesin sepeda motor, biasanya para pemilik akan senang mencoba berbagai merek oli yang ada di pasaran. Hal ini dilakukan dengan alasan untuk mencari oli mesin  yang lebih enak dan cocok digunakan pada mesin motor mereka.

Untuk saat ini, memang sudah tersedia begitu banyak oli yang dikeluarkan, mulai dari pabrikan motor, hingga ke oli aftermarket impor saat ini sudah sangat mudah ditemukan.

Lalu, apakah benar gonta-ganti oli mesin sepeda motor dapat menimbulkan efek negatif bagi mesin?

Nah, sebenarnya gonta-ganti oli mesin pada sepeda motor tidak akan menimbulkan efek apapun pada mesin, selama cara penggantianya tepat, kelas dan grade oli yang digunakan masih sama.

Pada saat penggantian oli mesin, pastikan untuk menguras bersih oli dari mesin motor sebelum menuangkan oli dengan merek yang berbeda. Hal ini perlu dilakukan karena setiap merek oli memiliki formulasi dan juga senyawa yang berbeda. Jika oli yang memiliki formulasi dan senyawa yang berbeda ini tercampur akan berpengaruh untuk kondisi mesin.

Campuran dari senyawa yang berbeda inilah yang dapat menyebabkan endapan dan memberikan dampak buruk pada performa mesin. Jadi, pastikan untuk menguras oli hingga bersih terlebih dahulu sebelum mengganti oli dengan merek lainnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait
Tech

4 Tips Paling Tepat Memilih Oli Motor

Sabtu 25 Maret 2023, 17:02 WIB
4 Tips Paling Tepat Memilih Oli Motor
Berita Terkini