Kenapa Sih Pentil Ban Harus Selalu Ditutup? Begini Alasannya

Yowan R
Senin 14 Agustus 2023, 23:24 WIB
Ilustrasi tutup pentil ban atau valve cap pada ban mobil (Sumber : shop.mbtynan.com.au)

Ilustrasi tutup pentil ban atau valve cap pada ban mobil (Sumber : shop.mbtynan.com.au)

LABVIRAL.COM - Hampir semua ban pada kendaraan bermotor pasti memiliki tutup pentil. Meskipun tutup pentil ban ini memiliki bentuk yang kecil dan terkesan sepele, tapi keberadaannya sangat dibutuhkan.

Tutup pentil ban atau yang memiliki bahasa keren valve cap ini, ternyata memiliki peran yang sangat penting. Karena itu, para pemilik kendaraan bermotor sebaiknya selalu cek kondisi tutup pentil ban, jangan sampai getas termakan usia atau bahkan tidak ada tutup pentilnya sama sekali.

Lalu, sepenting apa sih sebenarnya tutup pentil ban pada kendaraan dan apa saja fungsi dari tutup pentil pada ini sehingga harus ada pada setiap kendaraan bermotor?

Dari pada penasaran tentang tutup pentil ban atau valve cap ini, langsung saja simak penjelasan dari Labviral.com berikut ini.

Fungsi dari tutup pentil ban (valve cap)

Tutup pentil ban atau valve cap pada ban kendaraan bermotor, memiliki beberapa fungsi utama. Fungsi ini ada yang sangat berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Untuk fungsi dari tutup penti ban, bisa kamu simak di bawah ini:

1. Mencegah kotoran masuk

Fungsi dari tutup pentil ban atau valve cap yang pertama adalah mencegah masuknya kotoran atau benda asing seperti debu, pasir, ataupun kotoran lainnya. Sebab, benda asing atau kotoran yang masuk ke sela-sela pentil ban, akan mengotori sil karet pentil. Sehingga, sil karet pentil dapat mengalami kerusakan.

Komponen sil karet ini berfungsi sebagai penahan agar udara di dalam ban tidak bocor atau keluar. Jika sil karet rusak bisa mengakibatkan kebocoran halus. Lalu saat bagian dalam ban terisi kotoran, ini akan menimbulkan kesulitan saat akan dilakukan pengisian angin ban.

2. Menjaga tekanan angin ban

Fungsi lain dari tutup pentil ban yaitu menjaga tekanan udara atau angin dalam ban agar tidak keluar saat ban menerima tekanan tak terduga.

Jika dalam perjalanan, ban sangat mungkin akan melindas batu atau benda lain yang membuat roda tertekan. Jika ini terjadi dan pentil tidak memiliki penutup, angin dalam ban yang tertekan bisa keluar.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini