Apa Sih Manfaat dari Menghidupkan Mesin Motor Menggunakan Kick Starter?

Yowan R
Sabtu 19 Agustus 2023, 22:06 WIB
Ilustrasi kick starter sepda motor (Sumber : suzuki.co.id)

Ilustrasi kick starter sepda motor (Sumber : suzuki.co.id)

LABVIRAL.COM  - Saat ini hampir semua motor keluaran terbaru dibekali dengan starter electric yang berguna untuk memudahkan pengguna dalam menghidupkan atau menyalakan mesin motor. Bahkan, beberapa motor keluaran terbaru saat ini hanya memiliki electric starter saja, seperti pada sepeda motor matic keluaran terbaru.

Padahal, pada awalnya sepeda motor pasti dilengkapi dengan kick starter atau starter manual. Kick starter pada sepeda motor berfungsi sama seperti electric starter yaitu untuk menghidupkan sepeda motor secara manual. Komponen ini bekerja dengan cara di engkol atau dengan menginjaknya, sehingga mesin motor dapat menyala.

Meskipun dalam penggunaanya, kick starter ini membutuhkan tenaga lebih banyak, namun memiliki manfaat untuk menjaga keawetan mesin motor. Penggunaan kick starter juga masih dapat diimbangi dengan cara elektrik agar tidak merasa terlalu lelah saat harus selalu menghidupkan kendaraan dengan diengkol.

Lalu, apa saja sih manfaat dari kick starter untuk menghidupkan mesin motor? Dari pada penasaran, langsung saja simak manfaat kick starter untuk menghidupkan mesin selengkapnya yang dikutip dari laman Suzuki, berikut ini.

Manfaat penggunaan kick starter

Menggunakan kick starter untuk menghidupkan mesin sepeda motor ini ternyata memiliki beberapa manfaat seperti di bawah ini:

1. Menjaga electric starter agar tidak cepat rusak

Manfaat pertama dalam menggunakan kick starter adalah menjaga electric starter agar tidak cepat rusak. Penggunaan electric starter secara terus menerus tidak baik untuk keberlanjutan komponen tersebut, sehingga sesekali perlu menggunakan kick starter atau starter manual.

Kamu dapat menggunakan kick starter sewaktu-waktu saat starter electric mengalami kemacetan akibat adanya kerusakan. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan kick starter di pagi hari saat mesin sepeda motor masih dalam kondisi dingin dan belum dinyalakan dengan starter electric.

2. Membuat aki menjadi lebih irit

Selain menjadi komponen electric starter agar tidak cepat rusak, ternyata kick starter juga dapat membantu membuat aki menjadi lebih irit, sehingga harus digunakan secara rutin.

Dengan menggunakan kick starter untuk menghidupkan motor di pagi hari, kamu dapat mencegah adanya masalah kelistrikan pada kendaraan. Selain itu, cara menghidupkan motor manual ini juga akan membantu untuk memperpanjang usia aki.

3. Sirkulasi oli jadi lebih lancar

Manfaat berikutnya dari menggunakan kick starter adalah membuat sirkulasi oli pada komponen lain lebih lancar. Hal ini karena tenaga yang dikeluarkan saat menginjak komponen ini besar, sehingga memberikan tekanan tersendiri dan membuat sirkulasi oli lebih lancar.

Oli yang mengalir dengan lancar ini akan membuat komponen lain terlumasi, sehingga kinerjanya juga optimal. Hal ini juga akan membuat mesin menjadi tidak berisik saat dinyalakan karena sirkulasi olinya lancar. Oleh sebab itu, starter manual ini lebih baik sering digunakan untuk menyalakan motor.

4. Mencegah per slah karatan

Manfaat terakhir dari menggunakan kick starter adalah mencegah per slah karatan. Kick starter memiliki komponen per yang akan berfungsi saat pengguna menginjaknya agar memberikan tekanan pada komponen mesin untuk menyala.

Jika kick starter tidak pernah digunakan, maka akibatnya adalah akan terjadi karat pada komponen per selah nya. Hal ini malah akan lebih menyulitkan kamu saat electric starter tidak bisa digunakan, sehingga harus menggunakan engkol dengan tekanan lebih besar karena per selah nya berkarat.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini