Pernah Alami Knalpot Motor Ngebul? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Annisa Fadhilah
Jumat 25 Agustus 2023, 04:28 WIB
Pernah Alami Knalpot Motor Ngebul? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya (FOTO: evalube.com)

Pernah Alami Knalpot Motor Ngebul? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya (FOTO: evalube.com)

LABVIRAL.COM - Penyebab knalpot motor ngebul bisa beragam dan bisa berkaitan dengan berbagai faktor. Cara mengatasi dan solusinya pun berbeda, tergantung pada apa penyebabnya knalpot ngebul ini.

Asap sepeda motor yang mengebul membuat tidak nyaman bagi pemilik maupun pengendara sepeda motor lainnya. Hati-hati, mesin motor mengebul disebabkan oleh bagian mesin yang terganggu. Berikut penyebab mesin sepeda motor ngebul, beserta solusi sederhana yang perlu kamu ketahui:

Baca Juga: Pascakecelakaan Lawan Arus Lenteng Agung, Aksi Lawan Arus Masih Eksis

Silinder mesin sudah aus

Penyebab nomor satu yang bisa menyebabkan knalpot sepeda motor mengebul adalah silinder sepeda motor yang sudah aus, yang seringkali karena adanya gangguan pada bagian mesin sepeda motor lainnya, seperti piston yang sudah aus.

Diketahui bahwa silinder motor bekerja dengan cara bergesekan langsung dengan piston saat mesin sepeda motor hidup. Silinder mesin yang aus akan menyebabkan oli mengalir ke ruang bakar, sehingga menyebabkan munculnya asap mengebul di knalpot.

Untuk mengatasi keausan silinder mesin yaitu dilakukan bore up atau pembubutan. Untuk pembubutan atau bore up silinder mesin ini, kamu perlu memanggil mekanik atau montir.

Batang katup bengkok

Kegunaan batang katup pada sepeda motor adalah untuk menghubungkan bagian klep dan cam. Batang katup bengkok menyebabkan katup dan cam tidak terpasang dengan benar.

Membengkoknya batang katup juga menyebabkan tekanan pada kedua sisi dan lepas. Hal ini meningkatkan kemungkinan oli mengalir ke manifold, yang menyebabkan knalpot mengebul.

Cara mengatasi katup bengkok adalah dengan mengganti batang katup. Kamu dapat memilih untuk mengganti klep satu per satu atau mengganti seluruh rangkaian dengan batang katup untuk menghindari kerusakan pada bagian mesin lainnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini